Sukses

Cara Menyembunyikan Foto Profil WhatsApp dari Pengguna Tertentu

Ada kalanya Anda ingin menyembunyikan foto profil Anda dari kontak-kontak tertentu

Liputan6.com, Jakarta Dalam masalah aplikasi perpesanan, siapa yang tak kenal dengan WhatsApp. Tepat pada Januati 2019 lalu, WhatsApp genap berumur 10 tahun. Aplikasi perpesanan besutan Brian Acton dan Jan Koum menjelma sebagai aplikasi yang paling dibutuhkan banyak orang.

WhatsApp memang memberi kemudahan bagi tiap penggunanya dalam berkirim pesan. Pesan yang dikirimpun tak hanya berupa teks melainkan dapat berup gambar, foto, video, suara, atau dokumen lainnya. Fitur-fitur yang ditawarkan pun telah berinovasi sedemikian rupa, seperti WhatsApp story misalnya. Hal ini yang membuat WhatsApp begitu melekat di hati penggunanya.

Pada tiap akun WhatsApp, pengguna dapat memasang foto profil sesuai keinginannya. WhatsApp pun memberi pilihan siapa saja yang dapat melihat foto profil yang dipasang. Ada kalanya Anda ingin menyembunyikan foto profil Anda dari kontak-kontak tertentu.

Jika Anda ingin menyembunyikan foto profil WhatsApp dari pengguna tertentu, Anda dapat melakukan langkah-langkah yang ada. Berikut cara menyembunyikan foto profil WhatsApp dari pengguna tertentu yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Kamis(4/4/2019)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Privasi foto profil WhatsApp

WhatsApp memang memberi pilihan bagi penggunannya untuk mengatut privasi siapa saja yang dapat melihat foto profilnya. Namun, WhatsApp hanya menyediakan dua pilihan terkait privasi foto profil ini.

Pengaturan privasi yang pertama adalah pengaturan yang memungkinkan Anda menyembunyikan foto profil dari semua kontak. Sementara pengaturan privasi yang kedua adalah menyembunyikan foto profil dari pengguna yang tidak masuk dalam kontak Anda, atau dalam artian, foto profil hanya dapat dilihat oleh kontak yang Anda simpan.

Sementara WhatsApp membuatnya sangat mudah untuk menyembunyikan foto profil dari semua orang, Nampaknya aplikasi yang diakuisisi Facebook ini tidak memberikan pilihan untuk menyembunyikan foto Profil WhatsApp dari Kontak tertentu. Tidak ada cara resmi untuk menyembunyikan foto Profil Anda dari Kontak tertentu di WhatsApp.

Namun, Anda masih dapat menyembunyikan foto Profil WhatsApp dari pengguna tertentu dengan trik tertentu. Berikut caranya:

3 dari 4 halaman

Mengatur privasi foto profil

Trik untuk menyembunyikan foto profil dari pengguna tertentu adalah dengan membatasi foto profil dalam privasi 'hanya kontak' dan menghapus pengguna tertentu dari kontak Anda. Cara yang pertama adalah mengatur pengaturan privasi.

1. Buka WhatsApp di iPhone atau Ponsel Android Anda.

2. Setelah Anda berada di WhatsApp, ketuk opsi Pengaturan yang terletak di menu bawah pada iPhone. Dalam hal Ponsel Android, ketuk ikon 3-titik yang terletak di sudut kanan atas Ponsel Android Anda dan kemudian ketuk Pengaturan di menu drop-down.

3. Pada layar Pengaturan, ketuk opsi Akun.4. Di Layar Akun, ketuk Privasi.5. Pada layar Privasi, ketuk Foto Profil.6. Di layar berikutnya, ketuk Kontak Saya.

Pengaturan ini memastikan bahwa hanya Kontak yang ada di buku telepon iPhone atau Ponsel Android Anda yang dapat melihat foto profil WhatsApp Anda.

4 dari 4 halaman

Hapus Kontak Dari ponsel

Sekarang, langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa kontak yang ingin Anda sembunyikan foto Profil WhatsApp tidak tercantum dalam kontak iPhone atau Ponsel Android Anda. Dalam hal Kontak tercantum dalam buku kontak atau phonebook, Anda harus menghapusnya.

Bahkan jika Anda menghapus Kontak dari ponsel, Obrolan Anda dengan Kontak ini masih akan tetap aktif di WhatsApp dan Anda akan dapat Mengobrol dengan orang-orang ini.

Namun, Anda akan melihat perubahan dalam cara Kontak ini akan muncul di WhatsApp, Anda tidak akan lagi melihat Nama Kontak yang telah Anda hapus dari ponsel, Anda hanya akan melihat nomor telepon mereka.

Jika Anda tak bermasalah dengan bagaimana Kontak ini muncul di WhatsApp, Anda dapat melanjutkan dan menghapus Kontak ini dari iPhone atau Ponsel Android.

Hapus Kontak Dari iPhone

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghapus Kontak tertentu dari iPhone Anda.

1. Buka Aplikasi Kontak di iPhone Anda.

2. Ketuk Kontak yang ingin Anda hapus.

3. Pada layar berikutnya, ketuk pada opsi Edit yang terletak di sudut kanan atas layar Anda

4. Saat Anda masih di layar yang sama, gulir ke bawah dan ketuk pada Opsi Hapus

Hapus Kontak Dari Ponsel Android

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghapus Kontak tertentu dari Ponsel Android Anda.

1. Buka Aplikasi Kontak di Ponsel Android Anda.

2. Ketuk Kontak yang ingin Anda hapus.

3. Pada layar berikutnya, ketuk ikon 3-titik yang terletak di sudut kanan atas layar Anda, lalu ketuk opsi Hapus di menu yang muncul.

Setelah Anda menghapus Kontak dari ponsel, mereka tidak akan lagi dapat melihat foto Profil WhatsApp Anda. Seperti disebutkan di atas, Anda masih dapat Mengobrol dengan orang-orang ini di WhatsApp.

Jika Anda tidak ingin menghapus kontak apa pun dari ponsel Anda dan hanya ingin menyembunyikan foto profil Anda, Anda harus mengubah pengaturan privasi foto profil Anda menjadi 'Tidak Ada'. Tetapi ini akan menyembunyikan gambar profil Anda untuk semua kontak WhatsApp Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.