3 Fakta Menarik Joaquin Phoenix, Pemeran Joker yang Tuai Pujian dan Jadi Sorotan

Oleh Heri Setiawan pada 04 Apr 2019, 12:56 WIB
Diperbarui 04 Apr 2019, 12:56 WIB
Joker (Warner Bros/ DC Comics)
Perbesar
Joker (Warner Bros/ DC Comics)

Liputan6.com, Jakarta Sempat membuat fans bertanya-tanya, akhirnya Warner Bros dan DC Films baru saja merilis trailer Joker, film spin-off mengenai musuh bebuyutan Batman. Trailer pertama film Joker dengan bintang Joaquin Phoenix ini diputar di CinemaCon di Las Vegas, Rabu (3/4/2019). Trailer ini sempat menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Tagar #TheJoker dan Joaquin Phoenix sempat masuk trending topic dunia di Twitter dan Google trending. Cuplikan-cuplikan pada trailer tersebut memperlihatkan adegan yang menampilkan sisi lain Joker yang belum pernah terlihat sebelumnya bahkan di trilogi 'Batman' karya Christopher Nolan.

Joker dalam film ini bernama Arthur Fleck. Dirinya adalah seorang komedian yang terpinggirkan dari masyarakat dan kelak akan menjadi Joker.

Nama Arthur Fleck sendiri tak pernah ada dalam komik-komik bikinan DC, alias nama baru yang memang disiapkan untuk film ini. Tubuh Fleck yang kurus juga menunjukkan tonjolan-tonjolan tulangnya, baik pada punggung maupun dada.

Dalam trailer tersebut juga digambarkan bagaimana awal depresinya sosok Joker yang sering ditindas dan dipukuli oleh orang-orang. Ia juga terlihat banyak sekali menanggung beban dan seakan dicampakkan oleh masyarakat.

Arthur Fleck yang merawat ibunya yang sakit (Frances Conroy), mengatakan tujuan hidupnya adalah membawa tawa dan kebahagiaan. Namun, ada beberapa fakta menarik tentang pemeran utama film Joker kali ini yaitu sosok Joaquin Phoenix. Banyak orang yang memuji aktingnya pada trailer tersebut. Berikut Liputan6.com rangkum 3 fakta menarik Joaquin Phoenix dari berbagai sumber, Kamis (4/4/2019).

2 dari 4 halaman

1. Mimpi yang jadi nyata Joaquin Phoenix

Joaquin Phoenix
Perbesar
therichest.com

Bernama lengkap Joaquin Rafael Phoniex, merupakan seorang aktor, produser, musisi, dan aktivis asal Amerika yang lahir di San Juan, 44 tahun yang lalu. Phoenix terkenal sebagai aktor yang menolak untuk berkomitmen dalam berbagai film superhero karena dia harus memerankan tokoh yang sama dalam rangkaian film.

Bahkan Marvel pernah menawarkan beberapa tokoh superhero yang untuk diperankan oleh Joaquin Phoenix seperti Doctor Strange dan The Hulk. Namun Joaquin Phoenix menolak itu semua karena ia merasa kurang sreg dengan sekuel dan crossover yang kerap lahir di film superhero. Akan tetapi, kali ini Joaquin Phoenix tidak bisa menolak untuk memerankan film Joker.

Dalam sebuah wawancara yang dilansir dari collider.com, Joaquin Phoenix mengatakan bahwa ia sudah sejak lama memimpikan peran jadi sosok joker.  

"Tiga atau empat tahun yang lalu, saya menelepon agen saya dan berkata 'Mengapa mereka tidak mau mengambil salah satu dari karakter ini dan hanya membuat film dengan anggaran lebih rendah tentang itu, sebuah film tetapi sebuah studi karakter, dan mengapa tidak mengambil salah satu dari penjahat?'," ungkap Joaquin Phoenix.

Film Joker merupakan film yang berdiri sendiri dan tidak memiliki hubungan dengan DC Universe. Hal inilah yang membuat Phoenix dengan mudahnya setuju, ketika sang sutradara menawarkan script film yang diadaptasi dari tokoh komik yang lahir tahun 1940.

3 dari 4 halaman

2. Aktor yang sangat berpengalaman

Joaquin Phoenix Batal Jadi Superhero Doctor Strange
Perbesar
Joaquin Phoenix Batal Jadi Superhero Doctor Strange

Joaquin Phoenix adalah aktor yang memulai karir di dunia akting sejak kecil. Ia tampil pertama kali di serial Seven Brides for Seven Brothers pada 1982 saat usianya masih 8 tahun. Karena kemampuannya yang luar biasa dalam berakting dan menjiwai sebuah karakter, Joaquin Phoenix pun masuk kategori aktor papan atas Hollywood.

Terpilihnya Joaquin Phoenix sebagai Joker tak terlalu mengejutkan, mengingat rekam jejaknya yang lumayan sering memerankan karakter nyeleneh dan antagonis. Walaupun sudah berkarier bertahun-tahun, Joaquin Phoenix juga mengaku masih tetap gugup saat berakting.

Film terkenal yang diperankan oleh Joaquin Phoenix yaitu Commodus di Gladiator (2000) dan karakter Theodore Twombly di film Her (2013). Selain itu ada juga film Sign (2002), Hotel Rwanda (2004), dan Maria Magdalene (2018). Phoenix juga pernah menjadi dubber di film Brother Bear (2003).

4 dari 4 halaman

3. Teman baik Heath 'Joker' Ledger

Heath Ledger saat berperan sebagai Joker
Perbesar
Heath Ledger saat berperan sebagai Joker di Batman: The Dark Knight (Wikipedia/Fair Use)

Dalam film Batman: The Dark Knight, Joker diperankan oleh aktor bernama Heath Ledger yang memang benar-benar pintar memainkan tempo cerita sebuah film. Karakter Joker pun menjelma menjadi sosok villain yang mengerikan. Bukan karena aksi gontok-gontokan, namun permainan psikologisnya mampu menghancurkan hidup Batman.

Heath Ledger tidak berumur panjang. Pada tahun 2008, Heath Ledger menghembuskan napas terakhirnya. Karakter Joker yang diperankannnya pun tetap abadi hingga kini.

Namun sudah banyak orang-orang yang memerankan karakter Joker selanjutnya salah satunya Jared Leto. Dan saat ini baik Jared Leto dan Joaquin Phoenix memerankan sosok Joker di dua film berbeda.

Fakta menariknya adalah Joaquin Phoenix merupakan teman baik dari Heath Ledger, yang dikenang sebagai sosok Joker sejati dari musuh besarnya batman.

Lanjutkan Membaca ↓