Objek Wisata di Bandung yang Ikonik, dari Kemegahan Kota Hingga Keindahan Alam

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 04 Apr 2019, 13:45 WIB
Diperbarui 04 Apr 2019, 14:16 WIB
20151118-Gedung-Sate

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal kota Bandung. Kota Metropolitan terbesar di Jawa Barat ini memang memiliki daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang menyinggahinya. Bandung memang menyimpan sejuta pesona. Mulai dari tata kota, keindahan alam, hingga keramahan warganya.

Ibu Kota Jawa Barat ini terletak di tengah-tengah provinsi Jawa Barat. Geografisnya dikelikingi oleh pegunungan yang membuat udara yang menyelimuti kota ini terasa sejuk. Tak ayal kota Bandung menjadi tujuan saat menikmati libur akhir pekan.

Objek wisata di Bandung cukup beragam, mulai dari wisata kota, alam, sejarah, hingga belanja. Jika Anda singgah di kota Kembang ini, rasanya tak lengkap jika tak mengunjungi objek wisata di Bandung. Banyak objek wisata di Bandung yang begitu ikonik bahkan fenomenal di mata masyarakat, sebut saja Gedung sate dan jalan Braga.

Nah, jika Anda berencana mengunjungi Bandung, mungkin pilihan objek wisata di Bandung ini dapat menjadi pilihan Anda untuk menikmati suasana kota Bandung. Yuk, simak objek wisata di Bandung yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Kamis(4/4/2019):

2 dari 5 halaman

Nikmati kemegahan Kota Bandung

Sport Intagramable Baru di Kota Bandung Ini Wajib Kamu Cobain, Gratis Lagi!
Baru-baru ini, atraksi di kawasan Braga dan Asia Afrika Bandung semakin bertambah dengan kehadiran brand e-commerce Shopee.

Jalan Braga

Jalan Braga merupakan jalan utama yang dimiliki kota Bandung. Jalan ini telah menjadi jalan ikonik sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda dan hingga saat ini Jalan Braga menjadi objek wisata di Bandung yang begitu terkenal.

Jalan Braga menjadi salah satu maskot Bandung sebagai Paris van Java. Di sisi kanan kiri Jalan Braga terdapat kompleks bangunan yang masih mempertahankan ciri arsitektur lama pada masa Hindia Belanda dengan kesan kemegahannya.

Tata letak bangunan tersebut mengikuti model yang ada di Eropa sesuai dengan perkembangan kota Bandung pada masa tersebut. Di sini Anda dapat merasakan kemegahan kota Bandung dari bangunan-bangunan tempo dulunya. Hingga saat ini kawasan ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Gedung Sate

Ikon kota Bandung ini sudah tak diragukan lagi kepopulerannya. Ciri khas dari gedung ini adalah ornamen menyerupai 6 tusukan sate di atas pucuk bagunannya. Hingga saat ini Gedung Sate menjadi kantor pusat pemerintahan Jawa barat.

Karena bangunannya yang ikonik dan bersejarah, Gedung Sate telah menjadi salah satu tujuan objek wisata di Bandung. Taman di sekeliling Gedung Sate adalah lokasi favorit untuk wisatawan berfoto ria. Pengunjung juga dapat memasuki Gedung Sate ini namun pada waktu tertentu dan harus memperoleh izin dari staf keamanan.

Jalan Asia Afrika

Jalan Asia Afrika, Bandung terkenal dengan bangunan-bangunan tempo dulunya. Jalan ini juga dikenal dengan pusat kota tuanya Bandung. Jalan Asia Afrika merupakan letak dari titik nol kilometer kota Bandung.

Salah satu bangunan bersejarah di jalan yang membentang sepanjang 1 km ini adalah Gedung Merdeka. Gedung ini menjadi tempat berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika pertama (18-24 April 1955) yang mempertemukan 29 negara se-Asia dan Afrika.

Jalan Asia-Afrika saat ini telah ditata sedemikian rupa agar ramah untuk para wisatawan. Di sini, Anda akan menemukan berbagai instalasi publik art yang bisa dijadikan tempat foto. Pada sore hari, Jalan Asia-Afrika dipenuhi para cosplayer memakai berbagai macam pakaian dari tokoh-tokoh film terkenal yang menawarkan jasa mereka untuk berfoto bersama.

Alun-alun Bandung

Jika berwisata ke kota Bandung tak lengkap jika tak singgah ke alun-alun Bandung. Tempat ini telah menjadi objek wisata yang populer di Bandung. Alun-alun Bandung sudah ada sejak Bandung mulai didirikan. Saat ini Alun-alun Bandung telah mengalami renovasi yang membuat tempat ini ramah akan pengunjung.

Lahan parkir disulap menjadi taman seluas 1.200 meter persegi dibungkus dengan rumput hijau sintetis. Di sini pengunjung bisa bersantai dengan teman atau keluarga. Alun-alun ini memiliki fasilitas seperti arena bermain anak, perpustakaan, dan juga tersedia jaringan WiFi. Di sebelah utara alun-alun, terdapat sebuah halte bus yang cukup panjang untuk melengkapi fasilitas di taman pusat kota ini.

3 dari 5 halaman

Wisata Alam di Lembang

Destinasi Lembang dan Ciwidey yang Seru untuk Liburan Keluarga 3 Hari 2 Malam
Jadikan kawasan Lembang dan Ciwidey sebagai destinasi wisata. Keduanya memiliki beragam wisata yang sangat menarik dan seru yang bisa anda datangi.

Lembang, Bandung, merupakan objek wisata di Bandung yang lengkap dengan lanskap keindahan alamnya. Lembang adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia. Kecamatan ini berjarak sekitar 22 Kilometer dari ibukota kabupaten Bandung Barat ke arah timur laut melalui Cisarua. Lembang menwarkan sejuta wisata alam yang damai dan asri. Wisata tersebut di antaranya adalah:

Gunung Batu

Gunung Batu, merupakan salah satu patahan Lembang dengan lebar sekitar 300 meter dan panjang 22 kilometer. Sebagai salah satu puncak tertinggi di Lembang, dari sini Anda akan dimanjakan dengan melihat pemandangan gunung-gunung lain, seperti Tangkuban Perahu, Gunung Putri, Bukit Tunggul dan Palasari yang terlihat jelas.

Taman Begonia

Taman Begonia merupakan alah satu taman bunga di Bandung yang sangat fenomenal keberadaannya. Di sini Anda juga bisa menikmati wisata alam Bandung lembang yang sejuk, tenang dan memanjakan mata.

Objek wisata di Bandung yang beralamat di Jalan maribaya N0 120 A Lembang ini menawarkan sensasi menikmati keindahan aneka bunga khas Indonesia dan mancanegara, khususnya salah satu jenis bunga Bali yang sangat cantik berwarna warni yaitu bunga Balinea.

Curug Maribaya

Curug Maribaya dikenal sebagai air terjun yang kental akan mitos dan hal mistis di dalamnya. Namun tak perlu khawatir, lokasi ini tetap menyimpan pesona alam yang luar biasa indahnya.

Selama Anda berhati-hati, tidak akan terjadi masalah saat mengunjunginya. Untuk menikmati pemandangan air terjun ini, Anda hanya perlu mengeluarkan Rp 3.000 rupiah saja.

4 dari 5 halaman

Tangkuban Perahu

[Bintang] Jawa Barat
Gunung Tangkuban Perahu, Subang, Jawa Barat. (teppybaskara/Instagram)

Tangkuban Perahu dikenal dengan kisah Sangkuriang yang begitu melegenda. Taman Wisata Alam Tangkuban Perahu menjadi objek wisata andalan yang dimiliki Bandung. Anda dapat menikmati keindahan pegunungan Tangkuban Perahu dengan damai dan tenang.

Selama perjalanan menuju objek wisata ini Anda akan disuguhkan dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya. di Kawasan Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Parahu anda dapat menikmati keindahan kawah dari Gunung Tangkuban Perahu seperti kawah Ratu,Kawah Upas,kawah Baru, dan kawah Domas.

5 dari 5 halaman

Kawah Putih

Menyikap Pesona Keindahan Kawah Putih Ciwedey Bandung
Kawah Putih Ciweday merupakan salah satu objek wisata andalan yang terletak 50 kilometer selatan kota Bandung.

Salah satu wisata alam yang terkenal di Bandung adalah Kawah putih. Kawah Putih terletak di kawasan Ciwidey dan merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha.

Keindahan panorama alam kawah putih yang sangat eksotis dan unik, telah menjadikannya sebagai lokasi favorit bagi wisatawan bahkan sejumlah fotografer profesional untuk acara prosesi pemotretan prewedding.

Lanjutkan Membaca ↓