8 Makanan Khas Makassar Terpopuler dari yang Gurih hingga Manis, Wajib Kamu Cicipi

Oleh Rizzaq Aynur Nugroho pada 04 Apr 2019, 13:35 WIB
Diperbarui 04 Apr 2019, 13:35 WIB
Es Pisang Ijo
Perbesar
Es Pisang Ijo

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas Makassar wajib kamu cicipi saat berwisata di sana. Selain bisa mengenal dan menikmati cita rasa khas Makassar, kamu juga akan merasakan hidangan yang berbeda dari tempat lainnya.

Makassar adalah ibu kota provinsi Sulawesi Selatan yang letaknya berada di pesisir barat daya Pulau Sulawesi dan berbatasan dengan Selat Makassar di sebelah baratnya. Makassar juga sering disebut dengan kota metropolitan. Banyak etnis yang tinggal di Makassar mulai dari suku Makassar, dan suku Bugis. Kemudian beberapa ada juga dari Toraja, Mandar, Buton, Tionghoa, Jawa dan sebagainya. Kota terbesar di luar Pulau Jawa ini bukan hanya menawarkan beragam tempat liburan, tapi juga punya banyak kuliner khas yang menggungah selera.

Tidak salah lagi bahwa makanan khas Makassar memiliki berbagai macam rasa dan olahan. Makanan khas Makassar yang cukup terkenal adalah Coto Makassar, dan es pisang ijo. Namun selain dua makanan khas Makassar tadi, masih banyak lagi makanan khas yang bisa kamu cicipi ketika berada di sini, dari rasa yang pedas, hingg gurih, dan manis, semuanya ada di Makassar.

Berbagai macam olahan bisa kamu temui di Makassar, dan tentunya bisa kamu cicipi hingga dibawa pulang untuk oleh-oleh saat berwisata ke sana.

Lebih lengkapnya berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/4/2019) makanan khas Makassar yang wajib kamu cicipi saat berada di sana.

2 dari 9 halaman

1. Coto Makassar

Rahasia Coto Makassar Bertahan Berabad-abad
Perbesar
Resep Coto Makassar juga dipengaruhi bahan makanan khas Tiongkok, yakni tauco.

Coto Makassar adalah makanan khas Makassar yang sudah terkenal bahkan di luar Makassar. Makanan khas ini sangat ikonik untuk Makassar. Coto Makassar dihidangkan dengan ketupat dan burasa. Burasa adalah nama makanan khas Bugis yang biasa juga dikenal dengan sebutan lapat dan lontong bersantan. Kemudian di dalam Coto juga terdapat daging sapi hingga irisan perut sapi atau jeroan. Coto Makassar terkenal dengan kuahnya yang kental dan kaya akan rempahnya. Coto Makassar dapat kamu temui di pinggiran jalan kota.

3 dari 9 halaman

2. Konro

Kisah Sup Konro, Makanan Tradisional Makassar Usir Demam dan Flu
Perbesar
Meski berbahan daging dan tulang sapi atau kerbau, jangan khawatir dengan kadar kolesterol dalam sup konro Makassar. (Liputan6.com/Eka Hakim)

Konro adalah makanan khas Makassar yang terbuat dari daging. Konro adalah makanan berkuah yang menggunakan bahan dasar iga dan daging sapi yang direbus dengan rempah-rempah seperti kayu manis, asam jawa, dan lain sebagainya. Selain itu, Konro juga ditambahkan kluwek yang membuat warna dari hidangan ini gelap pada kuahnya. Selain Coto Makassar, Konro juga cukup terkenal dan menjadi salah satu kuliner yang dicari di Makassar.

4 dari 9 halaman

3. Pallu Basa

Pallu Basa
Perbesar
Pallu Basa Makassar (sumber: instagram/rcahendri)

Makanan khas Makassar berikutnya adalah Pallu Basa. Pallu Basa juga merupakan olahan dari sapi. Bagian yang digunakan adalah bagian jeroannya. Selain sapi biasanya Pallu Basa juga menggunakan jeroan kerbau. Pallu Basa biasanya dihidangkan dengan nasi hangat. Kuah Pallu Basa terbuat dari berbagai macam bumbu dan rempah yang membuat rasanya sangat gurih.

5 dari 9 halaman

4. Pallu Mara

Pallu Mara
Perbesar
Pallu Mara Makassar (sumber: instagram/kasuh)

Pallu Mara adalah makanan khas Makassar yang mirip dengan Pallu Basa. Perbedaannya hanya pada daging yang digunakan dan juga rempah-rempahnya. Pallu Mara menggunakan daging ikan kakap atau kepala ikan kakap. Rasa dari Pallu Mara juga sedikit masam karena bumbu dan rempah yang digunakannya. Pallu Mara cocok sekali dimakan menggunakan nasi putih yang masih hangat.

6 dari 9 halaman

5. Es Pisang Ijo

[Bintang] 8 Hidangan Es Tradisional yang Wajib Kamu Santap di September
Perbesar
Es Pisang Ijo (Via: masteresep.com)

Jika tadi beberapa makanan khas Makassar yang cukup berat, Es Pisang Ijo adalah salah satu makanan khas Makassar yang bisa kamu nikmati untuk menghilangkan dahaga. Es Pisang Ijo terbuat dari bahan utama berupa pisang yang masih segar kemudian dibalur dengan adonan khusus berwarna hijau. Setelah itu adonan pisang ini di potong dan disajikan dengan bubur sumsum, es batu, susu kental, dan sirup.

7 dari 9 halaman

6. Es Palu Buntung

Es Palu Buntung dan Es Pisang Ijo
Perbesar
Es Palu Buntung dan Es Pisang Ijo (sumber: instagram/tjiahartini)

Es Palu Buntung merupakan makanan khas makassar yang juga berbahan pisang. Cara pengolahannya pisang direbus kemudian dipotong-potong kecil dan kemudian disiram menggunakan bubur warna putih yang terbuat dari tepung beras dan santan. Kemudian ditambah es serut, sirup, dan susu kental manis. Es Palu Buntung biasanya lebih sering ditemui saat bulan ramadhan.

8 dari 9 halaman

7. Pisang Ape

Pisang Ape
Perbesar
Pisang Ape (sumber: instagram/randyjkartadinata)

Pisang Ape merupakan jajanan dan makanan khas Makassar yang bisa kamu jumpai khususnya di daerah pesisir pantai. Pisang Ape terbuat dari pisang raja sebagai bahan utamanya. Pisang Ape biasanya disajikan dengan berbagai toping seperti susu, keju, mesis, coklat, dan masih banyak lagi.

9 dari 9 halaman

8. Jalangkote

Jalangkote
Perbesar
Jalangkote (sumber: instagram/fatmahbahalwan)

Makanan khas Makassar berikut ini bernama Jalangkote. Bentuk dari makanan ini mirip dengan pastel pada umumnya. Namun rasanya berbeda dari pastel-pastel biasa. Jalangkote ini terbuat dari adonan tepung terigu dan campuran mentega yang diisi dengan potongan wortel, kentang, mie, telur, tauge dan bihun. Saat memasuki bulan suci Ramadhan, makanan ringan ini banyak dijual untuk menu berbuka puasa.

Beberapa makanan khas Makassar di atas bisa kamu cicipi dan bisa dijadikan oleh-oleh saat berada di sana. Masih banyak lagi makanan khas Makassar yang memiliki cita rasa yang unik dan menggugah selera. Makanan khas Makassar memang bisa ditemui di berbagai tempat di luar Makassar. Namun rasanya pasti akan berbeda ketika kamu mencicipnya langsung dari temat makanan itu berasal.

Lanjutkan Membaca ↓