Idap Kanker Langka, Bocah Ini Dapat Lebih dari 4.000 Orang Pendonor Sumsum

Oleh Afifah Cinthia Pasha pada 03 Apr 2019, 14:15 WIB
Diperbarui 03 Apr 2019, 15:17 WIB
Little Oscar Saxelby-Lee

Liputan6.com, Jakarta Penyakit leukimia merupakan salah satu mimpi buruk bagi sebagaian orang. Bagaimana tidak, Leukimia tergolong penyakit yang dapat menggerogoti daya tahan tubuh dengan cepat. Kanker darah atau penyakit leukemia adalah kondisi di mana tubuh memproduksi sel darah putih lebih banyak dari normal sehingga mengganggu fungsi tubuh dalam melawan infeksi.

Penyakit leukemia menjadi berbahaya karena jumlah sel darah putih yang sangat banyak dalam aliran darah dan sumsum tulang bisa membuat sel-sel darah lainnya terganggu proses pembuatannya. Akibatnya, sel-sel darah putih dan sel darah lainnya tidak mampu berfungsi sebagaimana seharusnya.

Little Oscar Saxelby-Lee dari Worcester, Inggris telah menderita leukemia limfoblastik akut dan sangat membutuhkan transplantasi sumsum tulang untuk bertahan hidup. Oscar semula diperiksa karena sebuah ruam di tubuhnya. Namun hasil pemeriksaan pada 28 Desember tahun lalu menyebut Oscar mengidap leukemia ganas yang langka. Diagnosis dokter bahkan mengatakan Oscar hanya punya waktu tiga bulan untuk hidup.

2 of 3

Mendapat Bantuan dari Sekolah

Pendonor Little Oscar Saxelby-Lee
Pendonor Little Oscar Saxelby-Lee (sumber: goodstimes)

Ketika dokter memberi tahu keluarganya bahwa anak laki-laki berusia lima tahun itu hanya memiliki waktu tiga bulan lagi, orangtuanya bertekad untuk melakukan segala yang mereka bisa untuk Oscar. Putra pasangan Olivia Saxelby dan Jamie Lee dari St Johns, Worcester, itu kini berjuang dengan waktu untuk menemukan pendonor sel induk yang cocok dengan dirinya.

Kedua orangtuanya telah melakukan kampanye untuk mencari pendonor bagi putra mereka. Untungnya, sekolah Oscar mendengar berita itu dan memutuskan untuk membantu bocah itu menemukan pendonor sumsum yang cocok sesegera mungkin. Dalam upaya menemukan pedonor, mereka kemudian menyelenggarakan pendaftaran di Sekolah Dasar Pitmaston dan jumlah yang mendafar sangat mengejutkan.

Hasilnya, sekitar 4.800 orang datang untuk menjalani pemeriksaan calon pendonor yang digelar di Sekolah Dasar Pitmaston, Woscester. Rupanya, permohonan Oscar untuk mencari donor yang cocok telah menginspirasi ribuan orang untuk membantu menyelamatkan nyawa bocah yang menderita kanker itu.

3 of 3

Hanya Memiliki Hidup 3 Bulan

Little Oscar Saxelby-Lee
Little Oscar Saxelby-Lee (sumber: goodstimes)

Oscar pertama kali didiagnosis menderita penyakit itu Desember lalu ketika orangtuanya memerhatikan memar dan ruam yang tidak dapat dijelaskan di seluruh tubuhnya. Dia telah menjalani kemoterapi sejak itu. Namun, ia ternyata membutuhkan perawatan yang lebih intensif karena penyakitnya telah berkembang sangat cepat.

Sekarang, keluarganya berpacu dengan waktu karena dokter mengatakan bahwa peluang bocah itu untuk bertahan hidup akan sangat berkurang jika dia tidak bisa mendapatkan pendonor yang cocok dalam waktu tiga bulan. Oscar telah menjalani 20 transfusi darah dan kemoterapi selama empat minggu.

Leukemia limfoblastik akut adalah penyakit langka di mana sel-sel kanker akan berubah agresif dari waktu ke waktu dan menyebabkan sejumlah besar sel darah putih yang belum berkembang dilepaskan dari sumsum tulang yang terkena. Sel-sel darah ini nantinya akan menyebar dan menyebabkan gejala-gejala seperti kelelahan, kesulitan bernapas, kulit pucat, demam, dan nyeri sendi.

Lanjutkan Membaca ↓