Sukses

Begini Cara Lihat Last Seen di WhatsApp yang Disembunyikan

Cara melihat Last Seen di WhatsApp yang dimatikan.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini media komunikasi semakin dipermudah. Berbagai platform media sosial hadir untuk memudahkan orang-orang berkomunikasi. Salah satu platform komunikasi yang banyak digunakan dan masih menjadi favorit hingga saat ini adalah WhatsApp. Banyak orang yang memanfaatkan platform ini karena penggunaannya yang mudah dan memiliki banyak fitur yang bermanfaat.

Salah satu fitur yang dapat digunakan oleh pengguna WhatsApp adalah bisa menjaga privasi. Ya, pengguna bisa menjaga privasi-nya saat menggunakan WhatsApp dengan beberapa fitur yang diberikan. Misalnya saja Anda bisa menghilangkan tanda centang biru yang menandakan pesan sudah dibaca, mematikan status Last Seen, Sedang Mengetik, Online, dan lain sebagainya.

Semua ini dilakukan memang karena ingin mendapatkan privasi yang lebih saat menggunakan aplikasi berkirim pesan ini. Namun ternyata beberapa pengguna tidak suka dengan adanya kelebihan-kelebihan tersebut. Memang, beberapa fitur tersebut tidak semuanya hadir di pengaturan WhatsApp. Melainkan perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengaktifkan fitur berlebih itu.

Ya, salah satunya adalah mematikan status Last Seen di WhatsApp. Fitur ini memang bisa di setting pada pengaturan WhatsApp. Fitur ini berfungsi agar pengguna lain tidak mengetahui sudah berapa lama Anda aktif dalam WhatsApp. Saat Anda sedang aktif, maka akan aada status ‘Online’ pada WhatsApp Anda. Sedangkan ‘Last Seen’ akan memperlihatkan waktu terakhir pengguna tersebut online, jika fitur Last Seen WhatsApp tidak dimatikan.

Hal ini akan membuat kapan terakhir kali pengguna tersebut online menjadi tidak ketahuan alias menjadi misterius dan membuat pengguna lain menjadi penasaran. Sebenarnya seperti apa cara menonaktifkan status Last Seen ini? Bagaimana juga agar pengguna lain bisa melihat orang lain yang mematikan Last Seen-nya ini?

Nah, kali ini Liputan6.com, Rabu (3/4/2019) telah merangkum cara mematikan Last Seen. Selain itu, ada juga cara untuk melihat status Last Seen yang telah dinonaktifkan oleh pengguna lain. Telah dirangkum dari berbagai sumber, begini caranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mematikan Status Last Seen di WhatsApp

1. Buka aplikasi WhatsApp dan pilih titik tiga yang terdapat di pojok kanan atas.

2. Pilih menu ‘Setting’ – ‘Account’ dan ‘Privacy’.

3. Terdapat beberapa pilihan, untuk siapa saja status Last Seen Anda bisa dilihat

4. Cukup pilih salah satu

5. Saat Anda sudah mematikannya, maka status Online tidak akan diketahui orang lain.

3 dari 4 halaman

Cara Melihat Status Last Seen yang Dimatikan

Buat Anda yang penasaran ingin melihat kapan terakhir kali pengguna tersebut online, maka ada cara tersendiri untuk bisa melihatnya. Namun memang cara ini bukan merupakan fitur langsung dari WhatsApp. Anda perlu menggunakan pihak ketiga untuk menggunakannya yaitu dengan menggunakan aplikasi OnLog. Begini caranya:

1. Install aplikasi OnLog

2. Buka aplikasi OnLog

3. Anda diminta untuk mengisi form dengan nama samara, kode Negara, dan juga nomor telepon pengguna WhatsApp

4. Kemudian tap ‘Start to Follow’

5. Tekan ikon lonceng setelah muncul nomor yang Anda masukkan tadi

6. Tunggu hingga berubah warna menjadi merah

7. Setelah itu Anda akan menerima notifikasi saat nomor tersebut sedang online.

4 dari 4 halaman

Cara Lain Melihat Status Last Seen dengan Aplikasi Lainnya

Selain menggunakan aplikasi OnLog tadi, Anda juga bisa menggunakan aplikasi lainnya yaitu Wossip. Aplikasi ini akan bantu Anda untuk melihat waktu dan tanggal terakhir kontak yang Anda maksud sedang online atau offline.

Aplikasi ini juga dapat membantu Anda mengirimkan pemberitahuan saat kontak tersebut sedang online maupun sedang mengubah gambar profil. Selain itu, aplikasi ini juga bisa memeriksa berapa lama kontak tersebut sedang mengakses WhatsApp setiap harinya.

Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah. Anda hanya perlu mengaksesnya dengan menggunakan email. Kemudian pilih menu’monitor kontak’ dan carilah kontak yang Anda inginkan. Namun Anda hanya bisa memantau kontak orang lain ini secara gratis selama 24 jam. Jika Anda menginginkan aplikasi ini bertahan lama, maka Anda perlu membeli lisensi terlebih dahulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.