Sukses

Fungsi Bagian Mata dalam Proses Melihat dan Cara Kerjanya

Fungsi bagian mata.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi bagian mata memiliki peranannya masing-masing dalam indera penglihatan. Mata merupakan salah satu indera terpenting. Seperti yang sudah diketahui, fungsi utama mata adalah untuk melihat. Oleh karena itu, dengan adanya mata Anda dapay melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik. 

Mata pada manusia memiliki fungsi untuk sensor cahaya. Ya, cahaya yang mengenai benda akan dipantulkan dan masuk ke dalam mata kemudian diteruskan oleh bagian-bagian mata lainnya. Sehingga bayangan dapat terlihat oleh mata. Seseorang dengan mata normal mempunyai titik dekat antara 15 cm hingga 25 cm dan untuk titik jauhnya sampai tidak terhingga.

Memiliki fungsi utama untuk melihat, mata memiliki banyak bagian-bagiannya. Pada bagian luar mata terdapat alis dan kelopak atau bagian dalam mata seperti kornea, pupil, retina, dan lain sebagainya. Tiap bagian mata ini memiliki cara kerja dan fungsinya masing0masing yang saling terkait satu sama lain.

Berikut Liputan6.com, Selasa (2/4/2019) telah menyiapkan beberapa ulasan seputar fungsi bagian mata yang perlu Anda ketahui. Karena fungsinya untuk melihat, Anda perlu mengetahui komponen atau bagian-bagian mata beserta cara kerjanya. Berikut ulasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fungsi Mata Secara Umum

Sudah diketahui bahwa fungsi mata adalah untuk melihat. Namun fungsi mata tidak hanya untuk melihat gambar atau pemandangan saja. Terdapat fungsi mata lainnya, berikut beberapa fungsi mata lainnya:

- Menjadi identitas diri seseorang,

- Menilai penampilan dan kepribadian seseorang,

- Mengekspresikan emosi yang dirasakan,

- Mensyukuri keindahan,

- Mengawasi segala hal yang mungkin membahayakan, dan

- Mempelajari berbagai hal.

3 dari 5 halaman

Mata Bagian Luar dan Fungsinya

Secara umum, bagian mata dibagi menjadi dua yaitu bagian luar dan bagian dalam. Berikut masing-masing penjelasannya.

Kelopak Mata

Fungsi bagian mata ini untuk melindungi dan menutup mata. Fungsinya untuk menjaga dari masuknya benda asing dari luar mata misalnya debu, pasir, asap atau serpihan lainnya. Kelopak mata juga penting untung menyapu bola mata dengan cairan dan mengatur jumlah cahaya yang masuk menuju mata.

Bulu Mata

Menjadi bagian terluar dari mata yang mudah dikenali, fungsinya adalah untuk mengurangi cahaya yang masuk ke dalam mata dan juga mencegah masuknya objek kecil ke dalam mata seperti debu, pasir, atau kotoran.

Alis Mata

Kalau alis mata, merupakan bagian terluar mata yang cukup menonjol. Fungsinya adalah untuk menanhan keringat dari atas dahi agar tidak masuk ke dalam bagian mata.

Kelenjar Air Mata

Fungsinya adalah untuk menghasilkan air mata. Hal ini menjadi penting guna untuk membasahi mata dan menjaga mata agar tetap lembab. Selain itu, kelenjar air mata juga berguna untuk membersihkan debu dan membunuh berbagai bibit penyakit di dalam mata.

4 dari 5 halaman

Mata Bagian Dalam dan Fungsinya

Otot mata: fungsi bagian mata yang pertama adalah untuk mengatur gerakan bola mata.

Saraf mata: fungsi bagian mata ini untuk meneruskan rangsang cahaya ke otak.

Kornea: fungsi bagian mata ini untuk menerima rangsang cahaya dan meneruskannya ke bagian mata yang lebih dalam.

Iris: fungsi bagian mata ini untuk memberi warna pada mata dan mengatur besar-kecilnya pupil.

Pupil: berfungsi untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke mata.

Retina: berfungsi utnuk membentuk bayangan benda yang kemudian dikirim oleh saraf mata ke otak. Koroid: fungsi bagian mata ini untuk mengalirkan oksigen dan nutrisi ke retina.

Sklera: berfungsi untuk melindungi dan mempertahankan bentuk bola mata.

Lensa: berfungsi untuk memfokuskan cahaya agar bayangan jatuh pada bintik kuning.

Bintik buta: berfungsi untuk menangkap dan meneruskan rangsang cahaya ke otak.

Bintik kuning: berfungsi untuk tempat jatuhnya bayangan.

Vitreous humor: fungsi bagian mata ini untuk menyokong lensa dan menjaga bentuk bola mata.

Aqueous humor: fungsi bagian mata ini untuk membiaskan cahaya dan menjaga bentuk bola mata.

5 dari 5 halaman

Cara Kerja Mata

Benda dapat dilihat jelas oleh mata jika bayangan benda berada tepat pada bintik kuning. Bayangan benda yang tidak tepat jatuh pada bintik kuning akan terlihat tidak jelas atau kabur.

Bayangan benda yang jatuh di depan bintik kuning menyebabkan seseorang tidak dapat melihat benda dengan jarak jauh secara jelas. Sedangkan bayangan benda yang jatuh di belakang bintik kuning menyebabkan seseorang tidak dapat melihat benda dari jarak dekat secara jelas.

Proses pertama dari cara kerja mata diawali dari pantulan cahaya dari benda masuk ke mata pada bagian kornea. Cahaya yang ditangkap oleh mata tersebut kemudian diolah oleh bagian-bagian mata sesuai dengan perannya. Informasi kemudian dikirimkan ke otak sehingga benda dapat terlihat. Berikut urutan cara kerja mata:

1. Cahaya yang dipantulkan benda ditangkap oleh mata, menembus kornea dan diteruskan ke pupil untuk diatur intensitas cahayanya.

2. Cahaya diteruskan menembus lensa mata.

3. Daya akomodasi lensa mata mengatur agar cahaya jatuh tepat di bintik kuning.

4. Bintik kuning menerima cahaya melalui sel kerucut dan sel batang lalu disampaikan ke otak.

5. Informasi diolah oleh otak dan kita dapat mengetahui apa yang kita lihat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.