Sukses

7 Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan, Bisa Tingkatkan Kecerdasan Otak

Mandi dengan air hangat ternyata bisa meningkatkan kecerdasan otak.

Liputan6.com, Jakarta Mandi adalah kegiatan yang selalu dilakukan manusia yakni dengan membasahi tubuh dari ujung kaki hingga ujung kepala. Tujuan mandi juga beragam, dari membersihkan diri, menyegarkan badan, menghilangkan stres, bahkan untuk kesehatan. Manfaat mandi bagi tubuh juga banyak, mulai badan menjadi lebih bersih, hingga terbebas dari kuman dan bakteri.

Mandi dapat dilakukan menggunakan air dingin atau air hangat. Mungkin kamu sudah sering mandi menggunakan air dingin saat pagi hari atau sore hari. Kamu juga pasti pernah sesekali mandi menggunakan air hangat. 

Mandi air hangat untuk orang sakit dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan juga baik untuk kesehatan. Tidak hanya itu saja manfaat mandi air hangat. Sebenarnya mandi dengan air hangat atau mandi dengan air dingin sama-sama bermanfaat. Manfaat mandi dengan air dingin mungkin sebagian orang sudah mengetahuinya. Bagaimana dengan mandi dengan air hangat?

Berikut ini Liputan6.com rangkum beberapa informasi mengenai manfaat mandi menggunakan air hangat dari berbagai sumber, Selasa (2/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Mandi Air Hangat

1. Menyembuhkan Flu dan Sakit Kepala

Manfaat mandi dengan air hangat yang pertama adalah dapat meredakan flu dan juga sakit kepala. Dengan mandi air hangat, memungkinkan kamu untuk menghirup uap air sebagai dekongestan alami.

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu juga bisa menambahkan beberapa minyak esensial seperti minyak kayu putih atau peppermint untuk menimbulkan efek yang lebih kuat lagi. Mandi air hangat juga akan membantu melancarkan sirkulasi darah menuju ke otak.

2. Melepaskan Racun

Manfaat mandi dengan air hangat selanjutnya hampir sama dengan membantu melancarkan sirkulasi darah, yaitu bisa membantu meningkatkan sistem getah bening dalam tubuh yang kemudian menyebabkan kamu berkeringat. Keringat yang keluar dari tubuh itu akan membawa racun dan bakteri dari dalam tubuhmu.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mandi Air Hangat

3. Menurunkan Tekanan Darah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berendam dalam air panas dapat menurunkan tekanan darah. Ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki kondisi jantung tidak sehat, yaitu kondisi jantung yang harus berhati-hati terhadap peningkatanan tekanan darah.

Namun sebelum mandi atau berendam dengan air hangat, kamu yang memiliki masalah jantung untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu karena bisa meningkatkan denyut jantung.

4. Mengilangkan Stres

Saat kamu mandi menggunakan air hangat, usahakan untuk tidak terburu-buru. Luangkan waktu untuk menikmati hangatnya air yang mengguyur tubuhmu. Hal ini akan memberikan efek tenang pada tubuh dan bisa menghilangkan stres.

Kamu bisa mandi atau berendam dengan air hangat ini setelah melakukan akifitas sehari-hari. Selain itu, berendam dengan air hangat juga bisa melenturkan otot-otot tubuh yang kaku.

5. Mengatasi Susah Tidur

Jika kamu mengalami masalah susah tidur, tidak ada salahnya untuk mencoba mandi atau berendam menggunakan air hangat. Dengan menggunakan air hangat, maka suhu tubuh akan meningkat dan kemudian akan turun secara perlahan saat kamu mulai meninggalkan bak mandi atau selesai mandi. Perubahan suhu inilah yang akan memicu untuk mengantuk dan cepat tidur.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mandi Air Hangat

6. Menurunkan Berat Badan

Menurut penelitian, orang yang mengalami diabtes dan berendam di air hangat secara teratur dapat menurunkan kadar gula dan glukosa dalam darah. Kamu bisa berendam kurang lebih 20-30 menit, 6 kali dalam seminggu, dan lihatlah hasilnya. Namun hal ini juga akan percuma jika tidak dilakukan dengan pola hidup yang sehat.

7. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Berendam atau mandi dengan air hangat akan menenangkan sistem syaraf, sekaligus mengurangi peradangan dan rasa sakit. Tingkat stres dan kecemasan juga dapat berkurang secara signifikan, yang kemudian bisa memperbaiki suasana hati.

Selain itu, suhu dan juga tekanan air bisa meringankan tulang belakang dari setiap ketidaknyamanan atau rasa sakit, dan telah ditemukan untuk meringankan gejala penyakit Parkinson.

Mandi atau berendam menggunakan air hangat ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kamu bisa mempraktikkannya di rumah dan rasakan manfaat dari ritual ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini