5 Gerakan Yoga Sederhana Ini Bantu Hilangkan Depresi, Bisa Dilakukan di Rumah

Oleh Husnul Abdi pada 01 Apr 2019, 17:35 WIB
Diperbarui 01 Apr 2019, 17:35 WIB
Gerakan Sederhana Atasi Bungkuk
Perbesar
Gerakan Sederhana Atasi Bungkuk (sumber: Yoga Journal)

Liputan6.com, Jakarta Gangguan depresi ditandai dengan hal-hal seperti suasana hati kacau, merasa sedih berlebihan hingga merasa putus asa. Kondisi ini bukanlah hal yang dapat dibiarkan begitu saja dan sangat berbahaya bila tidak segera mendapat penanganan lebih lanjut.

Depresi yang berlarut-larut bisa berbahaya. Oleh karena itu bisa menyebabkan gangguan kesehatan, menurunnya produktivitas kerja, hingga mengakibatkan seseorang bertindak di luar nalar dan akal sehat yang dapat membahayakan dirinya maupun orang lain.

Bahkan biaya pengobatan untuk depresi yang sudah parah relatif cukup besar. Maka, jangan pernah menyepelekan depresi yang mungkin sedang menghinggapi dirimu.

Salah satu cara bantu hilangkan depresi yaitu dengan yoga. Olahraga ini dinilai bisa membantu menghilangkan depresi yang dialami. Gerakan-gerakan ini diambil dari pose yoga yang memang merupakan olahraga untuk ketenangan jiwa.

Yoga melingkupi meditasi, teknik kontrol pernapasan dan latihan untuk menjaga kesehatan. Gerakan-gerakan yoga inilah yang juga merupakan cara paling baik untuk mengatasi depresi.

Berikut gerakan yoga sederhana yang bantu hilangkan depresi seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (1/4/2019).

2 dari 6 halaman

1. Marjayasana (Pose Kucing)

Marjayasana disebut juga pose kucing karena memang posenya menirukan pose kucing. Pose ini cocok untuk mengatasi stres dengan cara mengatur fleksibilitas tulang belakang serta membentuk otot perut.

Kamu dapat melakukannya dengan posisi merangkak terlebih dahulu, lalu kedua lutut ditekuk dengan tungkai mengarah ke luar. Setelah itu, hembuskan napas dan lengkungkan punggung ke arah atas, dan tundukkan kepala dalam-dalam, dengan memastikan dagu tidak menyentuh dada. Tahan posisi ini selama 30 detik dan kembali ke posisi awal. Ulangi sampai 5-6 kali.

Pose ini juga sangat efektif untuk menyembuhkan nyeri perut bulanan saat menstruasi, selain mampu mengatasi masalah stres.

3 dari 6 halaman

2. Adho Mukha Savasana

adho mukha savasana
Perbesar
ilustrasi gambar adho mukha savasana

Pose ini juga dapat disebut sebagai pose 'anjing yang menghadap ke bawah'. Pose ini merupakan pose yoga yang juga ampuh menghilangkan stres dan depresi.

Caranya melakukan pose ini adalah dengan berdiri tegak. Selanjutnya, letakkan tangan di depan lutut, dan pastikan lutut dan siku lurus membentuk huruf v terbalik. Kamu dapat bernapas seperti biasa, lalu kembali ke posisi awal. Ulangi melakukan pose ini 5-6 kali.

Pose ini dapat mengurangi kelelahan, rasa penat dan 'membangunkan' panca indera. Tidak hanya itu, pose ini juga dapat meningkatkan kualitas tulang serta mencegah osteoporosis.

4 dari 6 halaman

3. Balasana (Pose Anak)

balasana (pose anak)
Perbesar
ilustrasi gambar balasana (pose anak)

Pose yang sering disebut juga sebagai pose anak ini dapat dibilang sebagai pose yang paling membuat rileks. Pose ini membuat kita dapat menenagkan pikiran dan mengisi tubuh kita dengan energi.

Cara melakukannya adalah dengan duduk pada alas yoga dengan posisi berlutut dan letakkan bokong di atas telapak kaki. Kemudian, secara perlahan bungkukkan tubuh, tempelkan perut ke paha dan biarkan kening menempel pada alas yoga.

Letakkan tangan kamu di atas kepala, lalu tahan 30 detik sampai 1 menit. Bernapaslah seperti biasa dan kembali ke posisi awal. Lakukanlah sampai 3-4 kali.

5 dari 6 halaman

4. Uttanasana

Pose yoga uttanasana ini dilakukan dengan berdiri sambil melipat tubuh. Pose ini sangat ideal untuk mengurangi stres maupun depresi.

Dapat dilakukan dengan berdiri dengan kaki rapat dan lengan di kedua sisi tubuh. Angkat tanganmu ke atas kepala sambil menghirup napas, lalu tekuk badanmu ke depan sambil membuang napas. Selanjutnya, sentuh lantai dengan kedua tangan, usahakan agar kaki tidak tertekuk. Setelah menahan posisi ini selama 30 detik dengan napas normal, kembali ke posisi awal. Ulangi pose ini 5-10 kali.

Pose uttanasana ini juga memiliki manfaat-manfaat lainnya seperti membantu mengembalikan fungsi sistem saraf dengan meningkatkan suplai darah ke seluruh tubuh, membantu menarik dan melemaskan tulang belakang agar bisa lebih fleksibel, dan membentuk otot-otot perut dan organ dalam sehingga bisa mejadi alternatif juga untuk menguruskan badan.

6 dari 6 halaman

5. Setu Bandha Sarvangasana (Pose Jembatan)

Pose jembatan ini sangat cocok untuk mengatasi stres dan kecemasan. Pose ini oleh sebagian orang biasa juga disebut 'kayang' yang dilakukan dengan melengkungkan badan ke belakang, dengan bertumpu pada kedua kaki di satu sisi, lalu ditahan oleh kedua tangan di ujung lainnya atau bisa juga dengan bersandar pada pundak.

Pose ini berguna untuk meluruskan otot punggung dan tungkai serta membentuk paha dan pinggul. Selain itu, pose ini juga mengontrol darah tinggi serta mengurangi sakit punggung, sakit kepala, insomnia dan kelelahan.

Cara melakukannya adalah dengan berbaring telentang di alas yoga dan bertekuk lutut, sehingga tumit menempel ke bokong. Kedua kaki dibuka selebar pinggul, lalu angkat pinggul dengan menekan lengan ke lantai. Dada harus terangkat kea rah muka, dan selama itu pastikan kepala tetap menempel ke alas yoga. Tahan selama 30 detik lalu kembali ke posisi awal. Ulangilah pose ini 5-6 kali.

Lanjutkan Membaca ↓