Sukses

7 Fitur Tersembunyi di Twitter, Belum Banyak yang Tahu

Fitur tersembunyi Twitter yang bermanfaat.

Liputan6.com, Jakarta Twitter merupakan layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan Anda untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter. Namun kini, pada 7 November 2017 lalu Twitter telah menambahkan hingga 280 karakter yang dikenal dengan sebutan kicauan. Tetapi aplikasi dengan logo burung biru ini tidak hanya memiliki kemampuan berbagi status saja.

Hingga saat ini, Twitter selalu mengembangkan fitur guna memberi kenyamanan bagi penggunanya. Tidak hanya kolom tweet dan timeline yang sudah biasa Anda temukan di Twitter. Sebagai platform yang masih banyak diminati, Twitter ternyata memiliki fitur-fitur bermanfaat yang masih belum banyak diketahui oleh penggunanya.

Emang, ada apa saja fitur tersembunyi dari Twitter? Nah, berikut Liputan6.com telah mengulas beberapa fitur bermanfaat yang bisa Anda gunakan. Telah dirangkum dari berbagai sumber, ini fitur Twitter yang perlu Anda ketahui, Senin (1/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur Tersembunyi di Twitter

Tag Teman

Twitter memiliki jumlah Tweet yang terbatas, sehingga Anda perlu tetap memaksimalkan penggunaan dengan ketebatasan itu. Nah, saat Anda ingin mengunggah foto atau video, urusan mention seseorang menjadi hal yang krusial. Apalagi kalau Anda ingin menuliskan tweet yang cukup panjang tentang foto atau video yang ingin dibagikan. Ditambah lagi dengan harus menambahkan username akun yang panjang, yang terkait dalam foto itu.

Anda sudah tidak perlu bingung lagi, Anda bisa menyasatinya dengan menandai atau tag teman ke dalam foto atau video yang diunggah tanpa perlu meggunakan karakter untuk mention ke orang yang bersangkutan. Caranya, Anda hanya perlu klik fitur ‘Who’s in this photo?’ yang ada di versi Twitter terbaru saat ini. Fitur ini sudah bisa digunakan pada perangkat Android, iPhone, maupun PC.

Kolase Foto di Twitter

Kini di Twitter juga sudah bisa mengunggah beberapa foto menjadi sebuah kolase. Anda hanya perlu klik ‘Add More’ saat Anda mengunggah gambar, maka kolase akan ditampilkan secara otomatis. Kalau diklik, maka foto-foto tersebut akan ditampilkan secara terpisah.

3 dari 4 halaman

Gambar Bergerak hingga Tweet Lewat SMS

Bisa menggunakan gambar bergerak

Fitur gambar bergerak atau GIF ini bisa terputar secara otomatis jika dijadikan sebagai pinned tweet atau tweet yang terletak di paling atas timeline Twitter Anda. Selain mengunggah video, Anda juga bisa mengunggah file dengan format GIF ini.

Nah, untuk menampilkan agar GIF terputar secara otomatis di linimasa, maka Anda perlu beberapa trik. Caranya, cukup pin tweet GIF Anda, maka gambar bergerak yang Anda unggah akan terputar otomatis di linimasa followers Anda.

Tweet dengan SMS

Anda yang menjadikan Twitter sebagai media sosial yang sangat penting untuk digunakan, baik untuk bisnis dan lain sebagainya, pasti akan selalu menggunakannya dalam berbagai macam kondisi. Buat Anda yang sedang kehabisan kuota atau bahkan tidak memiliki aplikasi Twitter, Anda bisa mengirim tweet kapan saja dan dari mana saja lewat SMS.

Namun untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu melalukan beberapa pengaturan dulu dari peramban komputer. Caranya, masuk ke menu ‘Setting’, pilih ‘Mobile’ lalu tinggal tambahkan nomor telepon yang akan Anda gunakan untuk ngetweet. Setelah itu Anda bisa mengatur notifikasi apa saja yang masuk melalui SMS ke ponsel Anda.

4 dari 4 halaman

Gunakan Tagar hingga Mengenang Tweet Lama

Gunakan tagar di bio profil

Kalau akun Anda ingin mudah ditemukan dan difollow oleh akun-akun yang relevan, Anda bisa menambahkan tagar di bio. Dengan meletakkan tagar atau hashtag di bio, maka akun Anda akan lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang mengikuti dan mencari tagar yang bersangkutan. Hal ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan popularitas maupun jumlah follower.

Grafik aktivitas di Twitter

Di Twitter juga mampu untuk menampilkan sejumlah data tentang aktivitas Anda. Di mana hal ini bisa mengukur seberapa tertarik follower Anda dengan tweet yang telah dibuat. Ya, fitur grafik aktivitas ini bisa Anda gunakan secara gratis.

Caranya, Anda hanya perlu mengunjungi laman analytics.twitter.com setelah login di twitter. Datanya juga bisa Anda simoan dengan format CSV.

Mengenang tweet lama di Twitter

Di Twitter, Anda bisa mengenang tweet-tweet yang sudah lama. Anda bisa mengunduh dan membaca seluruh tweet dari awal hingga akhir melalui format HTML document. Anda bisa melihat berbagai macam status yang pernah Anda buat selama ini.

Cara untuk mengarsipkan semua tweet Anda, Anda cukup masuk ke menu ‘Setting’. Kemudian pilih ‘Account’. Lalu klik ‘Request Your Archive’. Nantinya sebuah tautan untuk mengunduh semua tweet Anda akan dikirimkan melalui email.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini