Sukses

Pengumuman SPAN-PTKIN 2019, Peserta yang Belum Lolos Masih Bisa Ikut UM

SPAN-PTKIN atau Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah seleksi undangan tanpa tes masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UIN/IAIN/STAIN) yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi.

Liputan6.com, Jakarta Pengumuman SPAN-PTKIN 2019 akhirnya sudah keluar. SPAN-PTKIN atau Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah seleksi undangan tanpa tes masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UIN/IAIN/STAIN) yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi.

Hasil Seleksi Prestasi Akademik Nasional dan Ujian Masuk (SPAN-UM) untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) 2019 diumumkan pada hari ini, Senin (1/4/2019) pukul 07.00 WIB di laman pengumuman.span-ptkin.ac.id.

Dikutip Liputan6.com dari laman resmi SPAN soal pengumuman SPAN-PTKIN, Senin (1/4/2019), SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis. Ketentuan umum lainnya yakni, sekolah/madrasah yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN adalah sekolah/madrasah yang secara sah memperoleh ijin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.

"Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Sekolah/Madrasah masing-masing," tulis pihak pengurus dari laman resmi pengumuman SPAN-PTKIN.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengumuman SPAN-PTKIN

Link Pengumuman SPAN-PTKIN 2019 akhirnya diumumkan pagi ini. Bagi kamu yang ingin mengecek pengumuman resmi bisa melalui link SPAN-PTKIN 2019 via span-ptkin.ac.id

Berikut Jadwal lengkap proses penerimaan SPAN PTKIN 2019:

1. Pengisian PDSS                      : 23 Januari - 28 Februari 2019

2. Verifikasi PDSS                      : 23 Januari - 28 Februari 2019

3. Pendaftaran                           : 23 Januari - 28 Februari 2019

4. Proses Seleksi  I                    : 8 - 15 Maret 2019

5. Proses Seleksi II.                   : 20 - 22 Maret 2019

6. Pengumuman Hasil Seleksi     : 1 April 2019

Proses verifikasi atau pendaftaran ulang  : 6 - 10 Mei 2019

3 dari 4 halaman

Jadwal Pendaftaran Jalur UM-PTKIN 2019

Bagi peserta yang belum lolos jalur SPAN-PTKIN 2019, masih memiliki kesempatan mengikuti jalur UM-PTKIN. UM-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Seleksi ini menggunakan sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Pembiayaan penyelenggaraan UM-PTKIN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Agama Republik Indonesia. Berikut jadwal pendaftaran UM-PTKIN:

Pembayaran di Bank BNI                   : 2 April - 29 April 2019

Pendaftaran ujian dilakukan pada      : 2 April - 30 April 2019

Pelaksanaan Ujian                            : 28 Mei 2019

Pengumuman hasil ujian                   : 1 Juli 2019 mulai pukul 17.00 WIB

4 dari 4 halaman

Sekilas Tentang SPAN-PTKIN

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, ditetapkan bahwa pola penerimaan mahasiswa baru pada UIN/IAIN/STAIN di Indonesia dilakukan secara nasional dan bentuk lain.

Pola seleksi secara nasional pada UIN/IAIN/STAIN disebut Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri ( SPAN-PTKIN). Pola seleksi bentuk lain tersebut dilakukan secara bersama oleh UIN/IAIN/STAIN disebut Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN).

Kedua pola tersebut diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini