Klasemen Liga Inggris Pekan ke-32, Laga Sengit Perebutan Tahta Juara The Citizens dan The Reds

Oleh Heri Setiawan pada 30 Mar 2019, 11:30 WIB
Diperbarui 30 Mar 2019, 11:30 WIB
Manchester City Menang Tipis Atas Liverpool di Etihad
Perbesar
Gelandang Manchester City, David Silva berusaha mengontrol bola dari kawalan bek Liverpool, Dejan Lovren pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di stadion Etihad (3/1). City menang tipis atas Liverpool 2-1. (AP Photo/Dave Thompson)

Liputan6.com, Jakarta Klasemen Liga Inggris Pekan ke-32 benar-benar menyuri perhatian. Kompetisi Premier League kembali bergulir setelah libur karena pertandingan internasional. Berbagai laga seru bakal tersaji pada pekan ke-32.

Satu di antaranya bigmatch antara pemuncak klasemen Liverpool melawan Tottenham Hotspur. Liverpool saat ini berada di barisan terdepan bersama Manchester City dalam pemburuan gelar juara Premier League 2018/19.

Mereka berada di puncak klasemen Liga Inggris sementara, unggul dua poin dari Manchester City yang mengekor di peringkat kedua. Meski demikian, keunggulan itu bisa berubah dengan cepat. Liverpool memuncaki klasemen dengan 76 poin dari 31 laga, Man City mengejar dengan 74 poin dari 30 laga. Artinya, The Reds memainkan satu laga lebih banyak, dan Man City bisa berbalik unggul dengan keunggulan satu poin.

Manchester City harus memanfaatkan duel lawan Fulham yang akan berlangsung hari Sabtu (30/3/2019) pukul 19.30 WIB di Stadion Craven Cotagge untuk memberikan tekanan pada Liverpool. Jika bisa meraih kemenangan, maka City akan kembali naik ke puncak. Mereka akan mengoleksi 77 poin. Dengan demikian, Liverpool mau tak mau harus memenangkan pertandingannya melawan Tottenham.

Padahal laga itu jelas tidak mudah karena Spurs juga tim yang kuat. Bos Liverpool, Jurgen Klopp menyadari hal ini. Dia menyebut timnya akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan permainan terbaik serta berusaha meraih poin maksimal. Berikut Liputan6.com rangkum klasemen Liga Inggris, Sabtu (30/3/2019).

2 dari 5 halaman

Manchester City Vs Fulham

Manchester City Kembali Kudeta Liverpool
Perbesar
Selebrasi gol yang dicetak Sergio Aguero pada laga lanjutan Premier League yang berlangsung di stadion Etihad, Manchester, Minggu (10/2). Manchester City menang 6-0 atas Chelsea. (AFP/Oli Scarff)

Peringkat 19 Fulham akan menjamu peringkat 2 Manchester City pada matchweek 32 Premier League 2018/19, Sabtu (30/3). Berkaca pada performa, City sepertinya bakal pulang membawa tiga angka.

Fulham selalu kalah dalam tujuh laga terakhirnya di Premier League. Sementara itu, City memenangi enam laga terakhirnya di kompetisi ini. Terakhir, sebelum jeda internasional kemarin, Fulham kalah 1-2 menjamu pemimpin klasemen Liverpool.

Satu gol Ryan Babel tak cukup untuk mencegah Liverpool pulang membawa poin penuh. Laga terakhir City di Premier League adalah melawan Watford pada 10 Maret, menang 3-1 lewat hat-trick Raheem Sterling. Dalam pertandingan ini The Citizen diprediksi akan membawa 3 poin dari kandang Fulham.

3 dari 5 halaman

Liverpool vs Tottenham Hotspur

Bayern Munchen Tahan Imbang Liverpool di Anfield
Perbesar
Penyerang Liverpool Mohamed Salah (kiri) berebut bola dengan pemain Bayern Munchen David Alaba pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Anfield, Liverpool, Inggris, Selasa (19/2). Pertandingan berakhir 0-0. (Peter Byrne/PA Wire/PA via AP)

Pertemuan Liverpool kontra Tottenham Hotspur menjadi duel-duel seru yang banyak dinanti dan sayang untuk dilewatkan. Duel ini penting buat Liverpool, yang masih terus berupaya mempertahankan posisi di puncak klasemen Liga Inggris 2018-2019 selama mungkin.

Saat ini the Reds mengoleksi poin 76, unggul dua poin dari Manchester City yang ada di peringkat kedua. Namun, City masih memilki sisa satu pertandingan lebih banyak ketimbang the Reds.

Hal itu berarti, jika sampai kalah dari Hotspur dan City memenangi pertandingan, mereka bisa menggeser posisi tim asuhan Jurgen Klopp tersebut. Persoalannya, Tottenham Hotspur bukan lawan enteng sekali pun duel nanti dimainkan di Anfield.

Hotspur juga sedang berjuang menyegel tiket ke Liga Champions, bersaing dengan Arsenal dan Manchester United, bahkan Chelsea yang ada di peringkat keenam, untuk masuk ke zona tiga besar. Sementara tim papan atas lainnya, semisal City pada pekan ini bertandang ke markas Fulham, United menjamu Watford, Arsenal menjamu Newcastle United, serta Chelsea menjalani laga tandang ke markas Cardiff City.

4 dari 5 halaman

Klasemen Liga Inggris Pekan ke-32

Liga Inggris
Perbesar
Ilustrasi Logo Liga Inggris. (AFP/Jon Super)

1.        Liverpool                           76

2.        Manchester City                 74

3.        Tottenham Hotspur            61

4.        Arsenal                             60

5.        Manchester United             58

6.        Chelsea                            57

17.      Burnley                             30

18.      Cardiff City                        28

19.      Fulham                             17

20.     Huddersfield Town              14

5 dari 5 halaman

Jadwal Liga Inggris Pekan ini

obafemi martins
Perbesar
Striker Obafemi Martins memastikan kemenangan Birmingham City atas Arsenal pada final Piala Liga Inggris 2011. (Telegraph)

Sabtu, 30 Maret 2019

19.30 WIB, Fulham vs Man City

22.00 WIB, Brighton vs Southampton

22.00 WIB, Burnley vs Wolverhampton

22.00 WIB, C Palace vs Huddersfield

22.00 WIB, Leicester City vs Bournemouth

22.00 WIB, MU vs Watford

 

Minggu, 31 Maret 2019

00.30 WIB, West Ham vs Everton

20.05 WIB, Cardiff vs Chelsea

22.30 WIB, Liverpool vs Tottenham

Lanjutkan Membaca ↓