Sukses

Fenomena Langka Air Terjun Gunung Galunggung, Ini Penjelasan BPBD Tasikmalaya

Warga khawatir akan terjadi bencana.

Liputan6.com, Jakarta Warga Tasikmalaya Jawa Barat dihebohkan dengan penampakan air terjun yang berada di Gunung Galunggung. Video penampakan air terjun menjelang pukul 15.00 WIB itu diunggah oleh akun @junedd15 dalam akun twitternya miliknya. 

Dalam video amatir yang berdurasi singkat, diabadikan oleh @junedd15 tersebut terlihat warga keluar rumah untuk menyaksikan fenomena alam tersebut, yang memperlihatkan keluarnya air dari Gunung Galunggung.

 

 

"Ini ada turunan air dari kawah gunung galunggung, saya berada di desa Linggajati, Kp Batubulu. Sekarang warga baru keluar untuk melihat air" lapornya melalui video tersebut.

Lalu ia menambahkan

"Air keluar secara tiba, dari kawah Gunung Galunggung harap warga hati-hati" ungkap juned dalam akun twitternya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penjelasan BNPB Kabupaten Tasikmalaya

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tasikmalaya telah memberikan informasi dan penjelasan terkait keluarnya air di Gunung Galunggung melalui akun Twitternya, Kamis (28/3/2019).

Dikutip dari Twitter resminya, @BPDB_KabTasik, dijelaskan air turun dari tebing kawah Galunggung muncul akibat intensitas hujan tinggi.

"PANTAUAN CUACA Kec. Sukaratu, Desa Linggajati, Kp Batubulu terpantau mendung. & terlihat secara visual air turun dari tebing kawah Galunggung. akibat intensitas hujan tinggi. Kondisi kawah saat ini, air yang kluar dari atas masuk ke kawah Galunggung. 15.18 WIB," tulis akun tersebut.

3 dari 4 halaman

Situasi Terkini Gunung Galunggung

Selain itu juga diinformasikan kondisi pada malam hari pukul 22.00 WIB. Informasi tersebut bersumber dari Pos Pantau Gunung Galunggung. Diinformasikan bahwa aktivitas Gunung Galunggung normal. Kondisi warga sekitar juga terpantau kondusif dan aman.

 

4 dari 4 halaman

Kronologi Kehebohan Warga Sekitar Gunung Galunggung

Kehebohan Warga Tasikmalaya Jawa Barat ini diawali dengan Video penampakan air terjun yang berada di Gunung Galunggung. Video penampakan air terjun menjelang pukul 15.00 WIB itu diunggah oleh akun mariana.risoles di ke laman Facebook miliknya.

Ketika hal ini ramai, banyak sekali warga yang mulai keluar rumah untuk melihat ke Gunung Galunggung, salah satunya adalah @junedd15 yang akhirnya mengabadikan video fenomena air terjun yang berada di Gunung Galunggung, karena posisinya berada dekat, ia berada di Desa Linggajati, Kp Batubulu.

Laporan tertulis petugas Pos PVMBG setempat kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tasikmalaya menyatakan, pantauan cuaca saat kejadian dilihat warga dari Kecamatan Sukaratu, Desa Linggajati, Kampung Batubulu, terpantau mendung.

Secara visual, air yang turun dari tebing kawah Galunggung itu terlihat cantik, tapi membuat warga setempat sangat khawatir dan meminta petunjuk atau arahan dengan fenomena tersebut.

Alasannya untuk menindaklanjuti terkait video yang beredar dan berhasil dikonfirmasi bahwa peristiwa tersebut benar terjadi. Adanya air yang turun dari tebing barat daya Gunung Galunggung, sudah terjadi lama.

Apabila debit air di danau gunung melimpah, kemungkinan besar Balai Pengelola Sumber Daya Air (BPSDA) akan mengatur keluarnya debit air ke sungai Cikunir. BPBD Tasikmalaya menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada da tidak panik terhadap lingkungan sekitar.

Jika terjadi keadaan darurat atau kejadian bencana, diharapkan segera melaporkannya ke pemerintah setempat dan BPBD Tasikmalaya melalui call center PUSDALOPS 0821-2059-4513. Dapat pula menghubungi Pos SAR Tasikmalaya ke nomor telepon 0265-7541-115.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini