Sukses

Kebiasaan Buruk Ini Bisa Bikin Kamu Dijauhi Teman, Perlu Dihindari

Kebiasaan buruk ini bikin orang lain kesel dan males ngobrol denganmu

Liputan6.com, Jakarta Setiap hari kamu pasti melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan orang lain atapun tidak. Mungkin untuk beberapa orang kebiasaan yang sering dilakukan tidak mereka sadari. Seperti halnya makan dengan berdiri, kebiasaan merokok, kebiasaan membuang sampah pada tempatnya, atau kebiasaan untuk cuci tangan setelah makan

Itu adalah beberapa kebiasaan yang mungkin dianggap adalah kebiasaan yang biasa saja bagi orang yang melakukannya, namun menurut orang lain, bisa jadi kebiasaan itu merupakan tindakan yang menyenangkan, atau bisa menjadi tindakan yang tidak menyenangkan.

Kebiasaan buruk juga sering dilakukan tanpa disadari. Terkadang kebiasaan buruk sering dilakukan berulang-ulang kali, dan dianggap biasa saja. Padahal bisa saja kebiasaan buruk itu membuat orang lain merasa tidak nyaman dan membuat seseorang menjadi tidak menarik.

Kebiasaan buruk yang dilakukan berulang-ulang dan tanpa disadarai ternyata dapat membuat seseorang menjadi kurang menarik di mata orang lain. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini Liputan6.com Kamis(28/03/2019) rangkum beberapa kebiasaan buruk dan patut dihindari. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Terlalu Berlebihan

Terlalu berlebihan dalah kebiasaan buruk yang kadang tidak disadari. Contohnya, terlalu berlebihan dalam berbicara, berlebihan saat makan, berlebihan dalam perasaan cemas atau ketakutan.

Cobalah untuk bertindak sewajarnya dan jangan terlalu berlebihan. Lakukan kegiatan-kegiatan secukupnya, atau seperlunya saja. Jang terlalu memfikirkan hal-hal yang tidak penting, yang bisa membuat kamu berfikir yang tidak-tidak atau berfikir berlebihan.

3 dari 6 halaman

2. Tidak Memandang Lawan Bicara

Kamu pasti akan merasa tidak nyaman ketika lawan bicaramu tidak fokus dengan topik pembicaraan, atau ia tidak memperhatikanmu saat berbicara. Ini akan menimbulkan perasaan yang menjengkelkan.

Cobalah untuk fokus dengan lawan bicaramu, perhatikan saat ia sedang bercerita atau menjelaskan sesuatu, dan jangan terpaku dengan hal yang lain seperti handphone atau lain sebagainya. Kamu hanya perlu fokus dan mendengarkannya dengan baik. Lawan bicaramu pasti akan merasa lebih dihargai.

4 dari 6 halaman

3. Memotong Pembicaraan Orang Lain

Kebiasaan memotong pembicaraan orang lain harus kamu singkirkan secepatnya. Selain dapat membuat jengkel orang yang kamu potong bicaranya, ini juga merupakan bentuk tindakan yang tidak sopan dan tidak menghargai.

Jika kamu memang ingin berbicara, usahakan orang lain sudah selesai. Kamu harus lebih bersabar untuk berbicara, setiap orang pasti punya kesempatannya masing-masing.

5 dari 6 halaman

4. Tidak Mengucapkan Terima Kasih, Tolong, atau Minta Maaf

Kebiasaan buruk selanjutnya adalah tidak menggunakan kata "terima kasih" ketika diberi bantuan, "tolong" ketika membutuhkan bantuan, dan meminta maaf ketika melakukan kesalahan.

Tiga kata emas ini adalah kata yang bisa membuat kamu lebih dihargai dan membuat orang lain lebih suka kepadamu. Usahakan untuk selalu menggunakan tiga kata emas ini, dalam melakukan kegiatanmu yang berhubungan dengan orang lain.

6 dari 6 halaman

5. Banyak Mengeluh

Mengeluh bukanlah solusi terhadap masalah yang sedang kamu alami. Orang lain mungkin sesekali akan mendengarkan keluhanmu dan memberikan nasehat, namun jika kamu mengeluh terus menerus, ini akan membuat orang lain menjadi jenuh dan menganggap kamu mudah menyerah.

Cobalah untuk berfikir positif dan berusaha memecahkan setiap masalah yang sedang kamu alami. Bisa dengan berdiskusi dengan teman, atau membaca referensi lainnya.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang harus kamu hindari dan kamu hilangkan agar orang lain bisa merasa nyaman berada di dekatmu, dan menyukaimu. Selalu berfikir positif adalah hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menjadi pribadi yang lebih menarik untuk orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.