Keindahan Terminal Wisata Grafika Cikole, Cocok Buat Liburan Bareng Keluarga

Oleh Husnul Abdi pada 28 Mar 2019, 15:10 WIB
Diperbarui 28 Mar 2019, 15:10 WIB
Terminal Wisata Grafika Cikole

Liputan6.com, Jakarta Terminal Wisata Grafika Cikole merupakan salah satu destinasi wisata di Bandung yang wajib dikunjungi. Dengan mengusung suasana hutan pinus dan alam yang masih asri, tempat ini digemari banyak wisatawan mulai dari anak muda sampai orang tua.

Terletak lebih tepatnya di Kota Lembang yang memang terkenal dengan udaranya yang sejuk, tempat ini memberikan banyak pilihan untuk dinikmati. Di Terminal Wisata Grafika Cikole ini Anda bisa menikmati suasana hutan pinus yang masih asri dan udara gunung yang sejuk.

Terminal Wisata Grafika Cikole ini sangat cocok untuk liburan bareng keluarga. Merupakan tempat wisata, sekaligus penginapan dan restoran, tempat yang berdiri di ketinggian 1400 meter di atas permukaan laut ini memiliki luas 9 hektar dan memiliki suhu rata-rata 16 derajat celcius.

Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama keluarga di Terminal Wisata Grafika Cikole ini. Lengkapnya fasilitas yang ada di sini merupakan kelebihan utamanya. Fasilitas-fasilitas tersebut membuat Terminal Wisata Grafika Cikole ini menjadi destinasi wisata yang tidak akan ada habis-habisnya seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/3/2019). Yuk kunjungi bareng keluarga Anda ke Terminal Wisata Grafika Cikole!

2 dari 4 halaman

Penginapan di Terminal Wisata Grafika Cikole

[Bintang] Bandung
Grafika Cikole, Bandung. (Sumber Foto: crizcjk.blogspot.com)

Di Terminal Wisata Grafika Cikole ini, tersedia penginapan yang sangat representatif. Dengan banyak pilihan tipe penginapan dan harganya yang cukup terjangkau, Anda dapat menikmati alam asri di sini.

Tempat penginapan di Grafika Cikole ini fasilitas dan harganya tidak kalah dengan sejumlah penginapan mudah di Ciwidey. Tipe penginapannya pun beragam, ada yang sekelas hotel bintang 4 di Bandung, ada juga kelas pondokan dan juga camping ground.

Tiap tipe penginapan di sini memiliki daya tarik sendiri-sendiri. Dan semuanya akan memberikan Anda sebuah sensasi tempat beristirahat atau bermalam yang luar biasa. Berikut beberapa penginapannya:

1. Pondok Wisata Alam Cikole

Pondok Wisata ini adalah salah satu penginapan di Lembang Bandung yang ada di Terminal Wisata Grafika Cikole . Penginapan Pondok Wisata ini berada di atas bukit, di hamparan  rumput yang terletak di sela pepohonan pinus dengan udara sejuk dan terdapat di kaki gunung Tangkuban Perahu.

Pondok Wisata di Lembang ini menawarkan atmosfer rumah pedesaan dengan interior dan eksterior yang terbuat dari kayu. Pondok Wisata dibangun dengan konsep selaras dengan alam sekitarnya.

2. Camping Keluarga

Di sebuah bukit dengan permadani padang rumput nan hijau serta udara yang sejuk, Terminal Wisata Grafika Cikole menyediakan tempat camping bagi keluarga. Tempat camping keluarga ini berupa petak-petak menggunakan alas papan yang dipasang pada cor semen, sehingga tenda bisa diikat kuat dan tidak perlu khawatir terbawa angin.

Alas papan ini juga berguna untuk menghindari kontak langsung dengan tanah. Sehingga bagian dasar tenda camping tidak akan basah oleh embun atau ketika hujan.

3. Camping Massal

Selain tempat camping keluarga, di Terminal Wisata Grafika Cikole terdapat lokasi camping yang bisa dijadikan tempat camping massal bagi perusahaan, sekolah maupun instansi dengan kapasitas banyak.

Pada tempat camping massal, tiap sewa tenda camping dome diberi alas papan untuk menghindari kontak langsung matras ke tanah. Sehingga bagian dasar tenda tidak akan basah oleh embun maupun ketika hujan.

Alas papan ini juga berguna untuk mengurangi rasa dingin ketika berbaring pada matras dalam tenda. Jenis tenda dome charlie ini tahan air sehingga bagian dalam tenda anda akan tetap kering selama Anda menginap.

4. Urban Camping

Terminal Wisata Grafika Cikole kini menghadirkan akomodasi baru, untuk Anda penggemar wisata alam camping yakni TWGC Camping Land atau di sebut juga Urban Camp.

Dengan menawarkan konsep Glamping (Glamour Camping), yang terletak di atas bukit di hamparan rumput di sela pepohonan pinus. Dengan udara sejuknya embun yang menyelimuti di pagi hari, Anda bisa merasakan ketika sekedar duduk-duduk di depan balkon sambil menikmati secangkir minuman tradisional dan atmosfer selaras dengan alam yang terdapat di kaki Gunung Tangkuban Perahu.

3 dari 4 halaman

Outbound di Terminal Wisata Grafika Cikole

1. Regular Outbound

Regular Outbound ini terdiri dari permainan tradisional, tiket terusan, rumah pohon, turun tebing, jembatan tali dua, jembatan Burma, paintball, dan flying fox.

2. Classified Outbound 

- Outbound Anak

Paket outbound training ini ditujukan untuk anak tingkat Taman Kanak-Kanak sampai kelas 3 Sekolah Dasar. Tujuan outbound ialah melatih peserta untuk mampu menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada yang berorientasi kepada pengembangan karakter. Anda bisa memilih paket-paketnya dengan harga yang berbeda-beda.

- Outbound paket Dewasa

Anda bisa memilih paket-paketnya dengan harga yang berbeda-beda.

4 dari 4 halaman

Wisata kuliner di Terminal Wisata Grafika Cikole

Terminal Wisata Grafika Cikole
Terminal Wisata Grafika Cikole (sumber: Grafikacikole)

1. Restoran Sunda

Restoran Sunda Buana menyediakan paket makan yang disajikan prasmanan atau box dengan pilihan aneka masakan. Di antaranya soto Bandung, karedok, sayur lodeh, nila bakar, pepes ikan nila, ikan nila bakar, sayur asem.

Menu dan harga makanan Restoran Sunda Buana dapat disesuaikan permintaan. Pada bagian sayap Restoran Sunda Buana terdapat balkon dengan pemandangan ke arah bukit hutan pinus.

2. Aula Dayang Sumbi

Aula Dayang Sumbi dapat digunakan tamu wisata rombongan dengan kapasitas 600 orang dan tersedia live music bagi tamu wisata rombongan yang membutuhkan hiburan. Bentuk bangunan Aula Dayang Sumbi bergaya minimalis mengadopsi bangunan balai desa di Jawa Barat dengan furnitur kayu berupa meja kayu dan bangku kayu panjang.

3. Pendopo Hutan

Pendopo Hutan merupakan bangunan yang berada di alam terbuka di kawasan hutan pinus di atas bukit. Pendopo Hutan merupakan fasilitas yang disediakan bagi tamu pondok wisata dengan kapasitas mencapai 100 orang.

4. Saung Lesehan

Saung Lesehan merupakan rumah makan pondok terbuka yang dibangun dengan konsep menyerupai saung di persawahan. Lantai saung lesehan menggunakan kayu dengan pagar setinggi betis dan beratap rumbia.

Saung lesehan ini ditujukan bagi tamu perorangan maupun keluarga. Di Terminal Wisata Grafika Cikole terdapat 18 saung lesehan berukuran kecil dan besar. Saung kecil berkapasitas 4 orang tiap saung, saung lesehan besar berkapasitas 20 orang

Lanjutkan Membaca ↓