Sukses

Cara Mengembalikan Akun WhatsApp Saat Ponsel Hilang, Tak Perlu Panik Lagi

Jika ponsel hilang, akun WhatsApp pun tak dapat diakses

Liputan6.com, Jakarta Ponsel membuat setiap orang terhubung dengan orang lainnya dengan mudah. Tak ayal jika kehilangan ponsel merupakan mimpi buruk bagi sebagian orang. Data, kontak, serta informasi penting yang terdapat pada ponsel akan ikut hilang bersama ponsel tersebut. Belum lagi, jika ponsel tersebut jatuh pada tangan yang tak bertanggung jawab yang dapat menyalahgunakan ponsel tersebut.

Salah satu aplikasi yang sering dipasang pada ponsel adalah aplikasi perpesanan WhatsApp. Tak dipungkiri lagi, WhatsApp menjadi aplikasi berkirim pesan andalan semua orang.

Jika ponsel hilang, akun WhatsApp pun tak dapat diakses. Hal ini karena WhatsApp terhubung dengan nomor yang ada pada kartu SIM ponsel tersebut. Kondisi kadang membuat sebagian orang panik dan bingung bagaimana cara mendapatkan akses pada akun WhatsApp yang ada pada ponsel yang hilang tersebut.

Namun, tak perlu khawatir jika Anda mengalami situasi ini. Anda masih dapat mengembalikan akun WhatsApp saat ponsel dalam keadaan hilang atau dicuri. WhatsApp memberi langkah yang harus dilakukan saat ponsel hilang atau dicuri.

Berikut cara mengembalikan akun WhatsApp dan langkah yang harus dilakukan saat ponsel hilang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (27/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Blokir Kartu SIM

Jika ponsel Anda hilang atau dicuri, langkah awal yang harus dilakukan adalah melakukan pemblokiran pada kartu SIM. Segera hubungi penyedia layanan seluler Anda dan lakukan pemblokiran kartu SIM.

Dengan memblokir kartu SIM, orang lain tidak akan dapat melakukan verifikasi apapun yang membutuhkan akses pada kartu SIM Anda. Karena untuk melakukan proses verifikasi, ponsel harus dapat menerima SMS ataupun panggilan.

Langkah ini tidak hanya berlaku untuk mengembalikan akun WhatsApp saja, namun sebagai langkah untuk menghentikan segala akses yang membutuhkan verifikasi nomor yang ada di ponsel tersebut.

3 dari 5 halaman

Cara Mengembalikan Akun WhatsApp dengan Kartu SIM Baru

Setelah memblokir kartu SIM, ada dua pilihan langkah yang dapat dilakukan untuk mengembalikan akun WhatsApp Anda. Dua langkah tersebut adalah mengaktifkan WhatsApp dengan kartu SIM baru dan menonaktifkan sementara akun WhatsApp.

WhatsApp hanya dapat diaktifkan dengan satu nomor telepon pada satu perangkat. Hubungi operator seluler Anda untuk mendapatkan kembali akses pada nomor telepon yang hilang. Operator seluler akan memberikan kartu SIM baru dengan nomor yang sama.

Dengan begitu Anda dapat mengakses kembali akun WhatsApp Anda dan akun WhatsApp yang ada pada ponsel yang hilang akan otomatis terhapus. WhatsApp pada ponsel yang hilang tersebut juga tak dapat diakses lagi karena butuh verifikasi untuk mengaktifkannya, dan sebelumnya Anda sudah menonaktifkan nomor di ponsel tersebut.

Jika Anda membuat cadangan data menggunakan Google Drive, iCloud, atau OneDrive sebelum ponsel hilang, Anda mungkin dapat memulihkan riwayat chat yang ada pada akun WhatsApp yang hilang.

 

 

4 dari 5 halaman

Cara Mengembalikan Akun WhatsApp dengan Menonaktifkan Sementara Akun WhatsApp

Langkah lain saat Anda tak dapat mengakses WhatsApp karena ponsel hilang adalah mengajukan permohonan nonaktif untuk akun WhatsApp Sebelum Anda mendapatkan kartu SIM baru.

Perlu diketahui saat kartu SIM terblokir dan layanan telepon dinonaktifkan, WhatsApp tetap dapat digunakan dengan koneksi Wi-Fi jika Anda tidak menghubungi WhatsApp untuk menonaktifkan akun Anda.

Anda dapat mengirimkan email ke support@whatsapp.com dengan menyertakan kalimat "Hilang/Dicuri: Mohon nonaktifkan akun saya" pada bagian badan email. Dan sertakan nomor telepon Anda dalam format internasional lengkap.

Dengan begitu WhatsApp akan menonaktifkan akun Anda. Perlu diketahui, penoaktifan ini berarti akun tidak sepenuhnya terhapus. Kontak Anda tetap dapat melihat profil Anda.

Kontak Anda tetap dapat mengirim pesan kepada Anda, yang akan berada dalam status tertunda selama 30 hari. Jika Anda mengaktifkan kembali akun Anda sebelum akun tersebut dihapus dari sistem WhatsApp, Anda akan menerima pesan yang tertunda pada ponsel yang baru dan Anda akan tetap berada di grup chat Anda.

Jika Anda tidak mengaktifkan akun Anda kembali dalam waktu 30 hari, akun tersebut akan sepenuhnya dihapus dari sistem WhatsApp.

5 dari 5 halaman

Langkah untuk Mengamankan WhatsApp

WhatsApp sebenarnya sudah memberikan pengamanan terhadap akun WhatsApp dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah atau two-step verification.

Fitur ini akan membuat akun WhatsApp Anda semakin aman karena setiap kali mengakses akun WhatsApp dengan ponsel baru, WhatsApp akan meminta pin tambahan sebagai langkah keamanan. Selain itu WhatsApp akan secara berkala meminta Anda memasukkan pin two-step verification saat mengakses WhatsApp.

Dengan begitu nomor WhatsApp tidak mudah disalahgunakan oleh orang lain. Untuk mengaktifkan fitur ini Anda cukup menuju ke pengaturan WhatsApp lalu pilih akun dan pilih opsi verivikasi dua arah, setelah itu Anda akan diminta untuk membuat 6 digit pin dan memasukkan alamat email.

Tak perlu cemas jika lupa 6 digit pin, Anda dapat mengaksesnya lagi melalui alamat email yang sudah dimasukkan sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini