Sukses

Aksi Dokter Bedah Tenangkan Anak Kecil Sebelum Operasi Ini Manis Banget

Masuk ke ruang operasi pasti sangatlah menegangkan, bayangkan bagaimana perasaan anak berusia 2 tahun tentang hal itu.

Liputan6.com, Jakarta Membayangkan bagaimana rasanya operasi saja sudah membuat takut. Apalagi jika di film-film rasanya operasi bisa sangat menakutkan. Masuk ke ruang operasi untuk pembedahan pasti sangatlah menegangkan dan menakutkan, bayangkan bagaimana perasaan seorang anak berusia 2 tahun tentang hal itu.

Gadis kecil bernama Xin Er diminta untuk memasuki ruang operasi untuk menjalani operasi jantung tetapi dia sangat takut dan gugup sehingga dia terus menangis. Tapi untungnya ada satu dokter yang peduli dan meluangkan sedikit waktunya untuk menenangkan gadis kecil yang ketakutan ini.

Dokter bernama Shi Zhou yang merupakan ahli bedah bagian anak, tiba-tiba viral karena aksinya bersama gadis kecil, seperti yang Liputan6.com lansir dari Goods Times, Rabu (27/3/2019). Malangnya anak tersebut sendirian, tak ditemani oleh orangtua atau kerabatnya. Melihat hal itu Shi Zhuo mengambil inisiatif mencoba menenangkan anak tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Manis Dokter Bedah Tenangkan Anak Kecil

Dokter dan wakil direktur bedah jantung di bagian anak di sebuah rumah sakit di Zhejiang ini, memangkunya dan dan menangkan si anak yang terus menangis.

Shi mulai memutarkan film kartun favorit si anak di smartphone-nya. Lalu anak kecil yang menangis tanpa henti sedikit demi sedikit mulai tenang. Dan dia berhenti menangis dan tetap fokus pada smartphone.

"Di ruang operasi, dokter sering menenangkan pasien dengan pelukan maupun kata-kata," ujar Shi.

Dokter Shi justru terlihat seperti ayah bagi anak kecil itu. Setelah anak kecil itu tenang dan berhenti menangis, mereka kembali ke ruang operasi dan melanjutkan operasi. Syukurlah, operasi berjalan dengan baik dan sukses. Dia tidak lagi takut sehingga mereka melanjutkan operasi.

3 dari 3 halaman

Terkenal Ahli Dalam Menenangkan Anak

Rupanya, Shi terkenal ahli menenangkan anak-anak yang ketakutan menjelang operasi. Bagi Shi menenangkan pasien sebelum operasi merupakan hal yang wajar. Dia juga tidak bisa melihat anak kecil terus menangis ketakutan.

 “Ketika Anda pertama kali memasuki ruang operasi, orang dewasa saja akan gugup dan merasa tidak nyaman tentang hal itu. Sama dengan anak-anak bahkan mereka bisa lebih ketakutan. Jadi kita harus menenangkan mereka dan membujuk mereka terlebih dahulu, ”kata dokter.

Setelah foto itu disebarkan di internet, seorang ibu juga berbagi pengalamannya bertemu ahli bedah yang baik hati itu.

 “Anak saya juga bertemu dokter ini sebelum operasi. Menurut anak saya, dia pergi ke ruang operasi sendirian tanpa ‘kita’ orangtuanya, tetapi dia tidak takut karena paman dan bibi (dokter dan perawat) sangat baik dan bercerita banyak pada mereka. “

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini