Paket Wisata Pulau Tidung, Liburan Mengesankan di Dekat Jakarta

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 26 Mar 2019, 21:24 WIB
Diperbarui 26 Mar 2019, 21:24 WIB
Liputan 6 default 3
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta Indonesia merupakan negara kepulauan yang menawarkan panorama alam yang begitu indah. Menurut data Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia tahun 2004 jumlah pulau di Indonesia sebanyak 17.504 pulau. 7.870 di antaranya telah mempunyai nama, sedangkan 9.634 belum memiliki nama. 

Banyaknya pulau di Indonesia juga menjadi potensi wisata kepulauan yang banyak diminati wisatawan. Salah satu wisata kepulauan di Indonesia yang cukup populer adalah Kepulauan Seribu.

Wisata Pulau Seribu merupakan salah satu paket wisata yang banyak diminati oleh masyarakat. Sebanyak 36 pulau di antaranya, dikembangkan menjadi destinasi wisata.

Salah satu tujuan yang dipilih saat menjelajah Kepulauan Seribu adalah pulau Tidung. Tak jarang para agen wisata menawarkan paket wisata pulau Tidung. Peminatnya pun cukup banyak.

Nah seperti apa paket wisata pulau Tidung yang ditawarkan? Simak ulasan mengenai paket wisata pulau Tidung yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Selasa (26/3/2019)

2 dari 6 halaman

Mengenal Pulau Tidung

PHOTO: Tumbuhkan Kepedulian Melalui Gerakan Cinta Laut
Perbesar
Siswa melakukan pengamatan kondisi terumbu karang pada program Sekolah Pantai Indonesia (SPI) di Pulau Tidung Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta (22/11). Kegiatan Gerakan Cinta Laut oleh KKP menerapkan prinsip dari, oleh dan untuk siswa. (Liputan6.com/KKP)

Pulau Tidung merupakan salah satu kelurahan yang berada di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta. Pulau Tidung terbagi menjadi dua yaitu, Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil.

Pulau Tidung besar merupakan pulau berpenghuni dengan aktivitas warnganya yang cukup tinggi. Sementara Pulau Tidung kecil merupakan pulau tak berpenghuni dan dikhususkan menjadi lokasi budidaya dan pelestarian tanaman bakau atau mangrove.

Pulau Tidung kini terus berkembang ke arah wisata bahari seperti menyelam hingga penelitian terumbu karang. Kepulauan Seribu salah satunya Pulau Tidung merupakan pilihan bagi para wisata yang mencari alternatif dari Bali dan Lombok.

Panorama pantai dan laut yang ditawarkan gugusan pulau ini tak kalah indah dari Bali dan Lombok. Lebih lagi, Lokasi Pulau Tidung tak jauh dari Jakarta. Hanya butuh waktu satu sampai dua jam menaiki kapal, Anda dapat menikmati suasana pantai seperti di Bali atau Lombok.

Fasilitas yang dimiliki oleh pulau Tidung juga terbilang lengkap. Di sini Anda dapat menemui perkampungan penduduk ddengan beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman ringan serta toilet dengan air bersih.

3 dari 6 halaman

Paket Wisata Pulau Tidung

Karena dikenal dengan panorama pantainya yang indah, Pulau Tidung menjadi destinasi wisata Kepulauan Seribu yang cukup diminati. Jika Anda berminat mengunjungi pulau ini, Anda dapat memilih paket wisata Pulau Tidung yang saat ini banyak di tawarkan oleh agen perjalanan wisata.

Paket wisata Pulau Tidung yang ditawarkan pun beragam sesuai dengan kebutuhan wisatawan. Biasanya paket wisata Pulau Tidung sudah mencakup tiket penyebrangan menggunakan kapal feri atau speedboad serta akomodasi menuju spot wisata didalamnya.

Waktu yang ditawarkan dari paket wisata Pulau Tidung juga beragam. Mulai dari satu hari, dua hari satu malam, hingga waktu tertentu.

Paket wisata Pulau Tidung ini juga menawarkan wisata air seperti snorkling, banana boat,sofa boat,kano, atau bersepeda disepanjang pantai.

Selain itu ada beberapa destinasi wisata yang sering dikunjungi dalam paket wisata Pulau Tidung. Berikut destinasi wisata yang ditawarkan dalam paket wisata Pulau Tidung yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Selasa(26/3/2019)

4 dari 6 halaman

Jembatan Cinta

`Jembatan Cinta` Pulau Tidung
Perbesar
Duo Mahadewi Bakal Hebohkan Tidung Festival 2017 Kepulauan Seribu

Jembatan Cinta adalah sebuah jembatan tang menghubungkan antara Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil yang berada di Kepulauan Seribu. Jembatan yang dikenal dengan nama Jembatan Cinta ini menjadi salah satu tempat yang biasa dikunjungi bagi para wisatawan. Panjang jembatan ini kira-kira 800 meter. 

5 dari 6 halaman

Pantai Saung Perawan

Pantai Saung Perawan merupakan salah destinasi favorit yang ada di paket wisata Pulau Tidung. Pantai ini menawarkan hamparan pasir putih dikelilingi pohon rindang yang memberi sensasi sejuk.

Para wisatawan biasanya dapat bersepeda menyusuri pantai. Selain itu wisatawan juga sekaligus dapat menikmati udara sejuk di sepanjang pantai ini.

6 dari 6 halaman

Pulau Tidung Kecil

Pulau Tidung Kecil yang merupakan kawasan pengembangbiakan mangrove, masih tampil indah ditelusuri dengan bersepeda, melalui jalan setapak yang dipenuhi dengan ilalang dan pantai sepi yang pasirnya putih lembut, sangat indah pemandangannya.

Selain berfungsi sebagai upaya pelestarian alam juga sebagai alternatif wisata pulau tidung, dan penelitian. Pada waktu-waktu tertentu wisatawan bahkan bisa berpartisipasi untuk membantu penanaman pohon bakau di pulau Tidung Kecil

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by