5 Wisata Alam Bogor dengan Pemandangan Spektakuler, Wajib Dikunjungi

Oleh Rizzaq Aynur Nugroho pada 26 Mar 2019, 17:45 WIB
Jangan Lewatkan 5 Destinasi Wisata Sejarah Ini Saat Ada di Bogor

Liputan6.com, Jakarta Bogor adalah salah satu kota di Indonesia yang letaknya berada di Provinsi Jawa Barat. Terletak kurang lebih 59 kilometer dari selatan Jakarta, Bogor memiliki luas kurang lebih 118 kilometer persegi. 

Kota Bogor terletak pada ketinggian 190 sampai 330 meter dari permukaan laut, sehingga membuat udaranya relatif lebih sejuk. Bogor juga terletak di kaki Gunung Salak dan Gunung Gede sehingga akan banyak sekali ditemukan hujan orografi atau hujan di area pegunungan.

Di Bogor hampir setiap hari turun hujan, maka dari itu kota ini disebut dengan Kota Hujan. Keunikan iklim yang dimiliki membuat kota ini sering dimanfaatkan untuk penelitian botani dan pertanian. Penelitian ini dilakukan sejak dari jaman penjajahan Belanda.

Berada di daerah pegunungan, maka tidak heran juga jika di Bogor banyak menyediakan tempat wisata bernuansa alam yang asri dan udara yang sejuk. Beberapa tempat wisata alam Bogor menjadi ikon kota ini dan sudah terkenal di mata wisatawan.

Salah satu wisata alam yang terkenal di Bogor adalah Kebun Raya Bogor. Kebun Raya Bogor merupakan sebuah kebun penelitian besar yang terletak di Kota Bogor. Luasnya mencapai 80 hektare dan memiliki berbagai jenis koleksi pohon dan tumbuhan.

Selain Kebun Raya Bogor, ada banyak sekali tempat wisata alam Bogor yang menarik dan pastinya wajib kamu kunjungi. Berikut ini beberapa wisata alam Bogor yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/03/2019).

2 of 6

1. Taman Safari Bogor

Taman Safari, Bogor juga menyediakan area bermain baru bagi Cai Tao dan Hu Chun (Dokumentasi/Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI)
Taman Safari, Bogor juga menyediakan area bermain baru bagi Cai Tao dan Hu Chun (Dokumentasi/Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI)

Taman Safari Bogor adalah tempat wisata alam pertama yang perlu kamu ketahui selain Kebun Raya Bogor. Taman safari ini merupakan yang pertama kali ada di Indonesia.

Di sini kamu bisa menikmati perjalanan dengan pemandangan alam yang masih asri dan indah. Tentunya lengkap dengan flora dan fauna di dalamnya yang bahkan beberapa ada yang dilepaskan secara bebas.

Taman Safari Bogor merupakan tempat wisata alam Bogor yang bisa kamu kunjungi dengan keluarga. Selain menjadi tempat untuk refresing, tempat ini juga bisa menjadi tempat edukasi untuk anak-anak. Terdapat kurang lebih 2.500 spesies satwa yang ada di sini.

Taman Safari Bogor terletak di Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia

3 of 6

2. Taman Wisata Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari
Taman Buah Mekarsari (sumber: instagram/jarotelo)

Taman Wisata Mekarsari adalah wisata alam Bogor yang wajib kamu kunjungi selanjutnya. Tempat ini juga merupakan salah satu taman wisata buah terbesar di Indonesia. Terdapat kurang lebih 1.500 jenis tanaman buah dengan ratusan ribu pohon di lahan seluas kurang lebih 265 hektar ini.

Banyak sekali paket wisata yang ditawarkan di sini. Mulai dari jalan-jalan mengintari taman menggunakan kereta, mencicipi hasil buah yang ada sepuas-puasnya, dan belajar menanam, hingga memetik buah yang dapat dilakukan untuk memberikan edukasi kepada anak-anak.

Taman Wisata Mekarsari juga menyediakan fasilitas outbond yang bisa kamu mainkan bersama rombongan atau keluarga, ataupun bersama pasangan. Lokasi dari Taman Wisata Mekarsari adalah di Jalan raya Cileungsi, Jonggol KM.3, Mekarsari, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

4 of 6

3. Curug Bidadari

Pesona Curug Bidadari Buat Turis Datang Berduyun-duyun
Curug Bidadari ini bisa dijadikan sebagai destinasi menarik untuk liburan bersama keluarga.

Curug Bidadari atau Air Terjun Bidadari juga merupakan wisata alam Bogor yang sudah cukup terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Awalnya air terjun ini bernama Curug Bojongkoneng, namun setelah dikelola oleh Sentul Paradise Park tempat ini berubah menjadi Curug Bidadari.

Lokasi Curug Bidadari berada di Desa Bojongkoneng, Sentul City, Bogor, Jawa Barat. Memiliki ketinggian kurang lebih 70 meter, air dari curug ini berasal dari mata air hutan lindung di daerah tersebut.

Untuk menambah keistimewaan lokasi wisata alam ini, pihak pengelola sudah menambahkan water park tepat berada di bawah air terjun. Water park ini memiliki luas kurang lebih 6.000 meter persegi dan dilengkapi dengan pasir putih yang menawan.

Fasilitas lain yang ditawarkan oleh wisata alam Bogor satu ini adalah flying fox, perahu tangan, dan masih banyak lagi.

5 of 6

4. Wisata Air Panas

Air Panas Tirta Sanita Ciseeng
Air Panas Tirta Sanita Ciseeng (sumber: instagram/ucokregar16)

Wisata alam Bogor selanjutnya adalah wisata air panas. Ada dua wisata air panas di Bogor yang cukup terkenal yaitu Air Panas Ciparay dan Air Panas Tirta Sanita Ciseeng. Kedua wisata alam ini cukup terkenal bagi wisatawan yang ingin menikmati hangatnya mandi atau berendam dengan air hangat di suasan Kota Bogor yang cukup dingin.

Air Panas Ciparay masih menjadi satu dengan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Di sini terdapat kolam-kolam air panas yang bisa kamu gunakan untuk berendam dan bermain air. Selain kolam, ada juga saung-saung untuk bersantai, warung, dan masih banyak lagi.

Air Panas Tirta Sanita Ciseeng berlokasi di Desa Ciseeng, Kecamatan Parung. Air panas di sini berasal dari sumber air panas Gunung Kapur Ciseeng. Selain bisa menikmati air panas, di sini kamu juga bisa menikmati pemandangan alam di sekitar yang indah.

6 of 6

5. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Pemandangan Gunung Gede Pangrango, di wilayah Bogor dan Sukabumi, Jawa Barat. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)
Pemandangan Gunung Gede Pangrango, di wilayah Bogor dan Sukabumi, Jawa Barat. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah tempat wisata alam Bogor selanjutnya bagi kamu yang hobi melakukan pendakian dan menikmati suasana pegunungan. Di sini kamu akan menemukan berbagai macam flora dan fauna unik.

Ikon utama dari Taman Nasional Gunung Pangrango adalah Edelweis Jawa atau dalam bahasa latinnya sering disebut Anaphalis javanica. Jika beruntung, kamu bisa menemukannya di area taman nasional ini.

Taman nasional ini juga merupakan yang paling tua karena telah diresmikan sejak tahun 1980. Wilayahnya berada di dua puncak yaitu puncak Gunung Gede dan puncak Gunung Pangrango.

Itulah beberapa wisata alam Bogor yang sudah terkenal dan harus kamu kunjungi ketika berada di sana. Masih banyak sekali tempat wisata yang ada di Bogor dan pastinya tidak hanya wisata alam, namun juga berbagai jenis wisata terdapat di sini.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by