Sukses

7 Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan Tubuh, Bukan Cuma Sekadar Bumbu Dapur

Kemiri tak hanya sekadar pelengkap pada penyedap masakan.

Liputan6.com, Jakarta Jika mendengar kata kemiri, Anda pasti mengidentikkannya dengan bumbu dapur yang biasa digunakan dalam campuran masakan. Kemiri memang dikenal sebagai salah satu penyedap makanan yang sering digunakan pada masakan Asia. Kandungan minyak yang tinggi pada biji kemiri membuatnya cocok mengentalkan makanan sekaligus melezatkannya.

Kemiri yang juga dikenal dengan Aleurites Moluccanus atau dalam bahasa Inggris disebut candlenut tumbuh sebagian besar di daerah tropis dan subtropis di dunia seperti Malaysia, Indonesia, Queensland serta beberapa bagian Australia.

Selain digunakan sebagai campuran masakan, olahan biji kemiri ternyata memiliki berbagai manfaat lain bagi tubuh. Minyak kemiri sering dikaitkan dengan manfaatnya untuk kesehatan dan kesuburan rambut. Selain itu, ada berbagai manfaat kemiri bagi tubuh yang dapat ditemui. Dengan begitu, manfaat kemiri tak hanya sekadar pelengkap pada penyedap masakan.

Namun, perlu diketahui, jika tidak diolah dengan benar kemiri dapat menjadi racun hingga menimbulkan gangguan pada lambung. Apa lagi jika kemiri dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Maka dari itu, untuk dapat menikmati manfaat kemiri dengan baik Anda perlu mengolahnya terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Anda dapat mengolahnya dengan dibakar, disangrai, diambil minyaknya atau digunakan sebagai bumbu makanan. Berikut 7 manfaat kemiri bagi tubuh yang berhasil Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(26/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Meningkatkan sistem pencernaan

Kemiri adalah sumber serat yang sangat baik, oleh sebab itu kemiri bermanfaat bagi saluran pencernaan. Konsumsi kemiri secara teratur dapat membantu melancarkan proses pencernaan dengan proses buang air besar secara teratur. Hal ini karena minyak yang dikandung kemiri berfungsi sebagai pencahar ringan alami.

Pengobatan tradisional merekomendasikan kemiri kepada orang yang menderita diare karena kandungan seratnya dapat membantu mengubah tekstur pada tinja, sehingga dapat menghentikan diare.

Kemiri juga memiliki sifat antimikroba, dan bukan rahasia lagi bahwa kebanyakan kasus diare disebabkan oleh konsumsi makanan dan air yang terkontaminasi. Selain itu, salah satu penggunaan tradisional kemiri lainnya adalah untuk pengobatan disentri.

3 dari 8 halaman

Meringankan Infeksi Jamur

Ada beberapa gangguan kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur seperti panu atau kurap. Infeksi jamur pada kulit mungkin tidak berbahaya, tetapi itu akan membuat penderita tidak nyaman dan tidak percaya diri.

Untuk meredakannya, Anda dapat mengoleskan minyak kemiri ke bagian tubuh yang terinfeksi jamur. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4 dari 8 halaman

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat kemiri juga bisa digunakan bagi orang yang kadar kolesterolnya di luar kisaran normal. Hal ini karena kandungan pada kemiri membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL atau high-density lipoprotein) serta membantu dalam proses menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL atau low-density lipoprotein)

Salah satu dari banyak nutrisi dalam kemiri adalah potasium, yang terkenal dengan kemampuannya untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Cara potasium bekerja adalah dengan menimbulkan relaksasi dinding pembuluh darah, memungkinkan darah mengalir lebih bebas ke seluruh sistem tubuh. Hal ini dapat membantu menyelamatkan jantung dari terlalu banyak bekerja dan Membesar.

5 dari 8 halaman

Atasi Insomnia

Insomnia adalah sejenis penyakit yang membuat Anda tidak bisa tidur dengan nyenyak. Insomnia disebabkan oleh depresi, banyak pikiran, atau ketakutan akan sesuatu.

Dengan olahan kemiri, Anda bisa mengatasi insomnia. Kemiri memiliki melatonin yang akan membuat Anda rileks dan cepat tertidur. Manfaat kemiri bagus untuk penderita insomnia buruk.

6 dari 8 halaman

Bebaskan Konstipasi

Konstipasi selalu terjadi ketika seseorang biasanya kurang makan makanan berserat. Salah satu manfaat kemiri adalah untuk memecahkan konstipasi karena kandungan serat yang dimiliki.

Ambil 1 potong kemiri, 2 bawang, 5 gram pulasari, 10 gram kayu manis, 30 gram daun urang-aring, setengah sendok teh garam, setengah sendok teh adas, dan 800 cc air.

Blender semua bahan kecuali 800 cc air sampai halus. Setelah itu, rebus semua bahan dengan 800 cc air. Rebus hingga volume setidaknya mencapai 400 cc. Saring dan tempatkan pada gelas. Minumlah dua kali sehari sebanyak 200 cc per sekali minum.

7 dari 8 halaman

Sehatkan tulang dan sendi

Konsumsi olahan kemiri secara teratur dapat menghindarkan sakit dan bengkak pada persendian yang disebabkan oleh keausan tulang. Mengonsumsi kemiri secara teratur juga baik untuk menjaga tulang tetap kuat.

Menurut para ahli nutrisi, fosfor, yang dapat ditemukan dalam kemiri, juga penting untuk kesehatan tulang dan persendian. Kemiri panggang kaya akan kalium. Kemiri juga mengandung sejumlah kecil Seng, tembaga dan selenium.

8 dari 8 halaman

Bantu turunkan berat badan

Kemiri mengandung banyak protein. Karena alasan inilah mengonsumsi kemiri dapat membantu membangun otot tubuh. Manfaat kemiri memang ideal untuk orang yang berusaha menurunkan berat badan.

Hal ini karena protein pembentuk otot yang dimiliki biji kemiri ini. Semakin besar otot, semakin cepat metabolisme berlangsung. Selain itu, protein adalah nutrisi yang dapat membantu tubuh membakar banyak kalori karena dapat menjadi tantangan ekstra bagi saluran pencernaan untuk dicerna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini