Sukses

Jangan Biarkan Kulit Terlalu Lama Terendam di Air, Bahaya!

Maserasi merupakan kondisi kulit yang keriput dan melunak akibat terlalu lama terendam di air.

Saat terlalu lama terendam air, kulit biasanya mengeriput dan melunak yang disebut dengan maserasi. Jangan sepelekan ini, karena bisa berakibat infeksi dan tidak menutup kemungkinan menyebar ke seluruh tubuh. 

"Ini tidak boleh disepelekan, karena saat keriput dan kulit melunak maka mudah luka. Dari luka tersebut kuman dan bakteri serta virus mudah masuk ke dalamnya sehingga terjadi infeksi," kata Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Amaranila Lalita Drijono, SpKK, Sabtu (22/2/2014).

Menurutnya, kulit lunak tidak bisa berfungsi secara baik sebagai pelindung tubuh terluar. Selain itu daya tahan kulit pun menurun.

"Saat daya tahan kulit menurun mudah sekali rapuh, cepat terluka, dan lecet. Untuk itu sebaiknya kalau luka segera diobati dan jangan dibiarkan. Penggunaan pelembab juga diperlukan. Saat keriput dan akhirnya kering membuat semakin mudah terluka. Pilih pelembab yang ada kandungan minyak dan air," kata dr. Amaranila.

Bukan hanya air kotor yang perlu diwaspadai, air bersih pun juga. "Kalau air kotor memang kita ketahui banyak bakterinya sehingga saat ada luka sedikit cepat masuk. Air bersih juga diwaspadai, karena mungkin masih ada bakterinya. Jadi jangan biarkan terlalu lama kulit terendam air," kata dr. Amaranila.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.