Sukses

Coba Rem Nafsu Makan Berlebihan dengan Bermain Tetris

Anda ingin mengurangi hasrat makan? Cobalah bermain tetris.

Anda ingin mengurangi hasrat makan? Cobalah bermain tetris. Dengan permainan visual ini perhatian Anda bisa teralih dari keinginan makan dan berganti dengan gambar permainan di pikiran Anda.

"Anda melihat warna cerah dan harus memanipulasinya untuk membuat mereka pas," kata penulis penelitian Jackie Andrade , seorang profesor psikologi di Plymouth University, Inggris, kepada Daily News, Kamis (20/2/2014).

Menurutnya, proses mental ini juga dibutuhkan saat membayangkan makanan, minuman, atau obat yang Anda inginkan. "Anda tak bisa melakukan keduanya sekaligus sehingga keinginan Anda tak terpenuhi, dan ini bagus jika Anda ingin menjauhkan diri dari nafsu makan Anda," ujar Andrade.

Penelitian ini dilakukan terhadap 100 pria usia antara 18-30 tahun. Beberapa memiliki nafsu makan yang berbeda, beberapa tidak. Satu tim bermain Tetris yang lain menunggu program komputer yang sedang proses. Hasilnya, hasrat makan kelompok yang bermain Tetris berkurang menjadi 24 persen.

Cara ini tak hanya berguna untuk Anda yang doyan makan berlebihan, tapi juga bisa untuk shopaholics, pecandu seks, narkoba, dan pengguna narkoba. "Tetris memang tak bisa menghilangkan keinginan makan sepenuhnya, tapi oke," kata Andrade.

"Kabar baiknya setiap keinginan cenderung tak bertahan dalam waktu yang lama, sehingga permainan cepat Tetris membuat toleransi kepada keinginan sampai (permainan) berakhir," ujaarnya.

(Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini