Coba Rem Nafsu Makan Berlebihan dengan Bermain Tetris

Oleh Melly Febrida pada 20 Feb 2014, 18:00 WIB
Diperbarui 20 Feb 2014, 18:00 WIB
main-tetris-140220a.jpg
Perbesar
Anda ingin mengurangi hasrat makan? Cobalah bermain tetris. Dengan permainan visual ini perhatian Anda bisa teralih dari keinginan makan dan berganti dengan gambar permainan di pikiran Anda.

"Anda melihat warna cerah dan harus memanipulasinya untuk membuat mereka pas," kata penulis penelitian Jackie Andrade , seorang profesor psikologi di Plymouth University, Inggris, kepada Daily News, Kamis (20/2/2014).

Menurutnya, proses mental ini juga dibutuhkan saat membayangkan makanan, minuman, atau obat yang Anda inginkan. "Anda tak bisa melakukan keduanya sekaligus sehingga keinginan Anda tak terpenuhi, dan ini bagus jika Anda ingin menjauhkan diri dari nafsu makan Anda," ujar Andrade.

Penelitian ini dilakukan terhadap 100 pria usia antara 18-30 tahun. Beberapa memiliki nafsu makan yang berbeda, beberapa tidak. Satu tim bermain Tetris yang lain menunggu program komputer yang sedang proses. Hasilnya, hasrat makan kelompok yang bermain Tetris berkurang menjadi 24 persen.

Cara ini tak hanya berguna untuk Anda yang doyan makan berlebihan, tapi juga bisa untuk shopaholics, pecandu seks, narkoba, dan pengguna narkoba. "Tetris memang tak bisa menghilangkan keinginan makan sepenuhnya, tapi oke," kata Andrade.

"Kabar baiknya setiap keinginan cenderung tak bertahan dalam waktu yang lama, sehingga permainan cepat Tetris membuat toleransi kepada keinginan sampai (permainan) berakhir," ujaarnya.

(Mel)