Sulit Tidur Nyenyak? Coba 3 Cara Ini!

Oleh Kusmiyati pada 18 Feb 2014, 20:30 WIB
Diperbarui 18 Feb 2014, 20:30 WIB
tidur-131215b.jpg
Perbesar
Anda sering sulit tidur? Mungkin asupan ini dapat membantu mendapatkan tidur yang berkualitas. Dikutip dari Womansday, Senin (17/2/2014) berikut ini yang dapat Anda konsumsi sebelum tidur agar tidur nyenyak dan berkualitas.

1. Susu Hangat

Susu mengandung zat tryptohan yang baik untuk tubuh. Zat kimia ini membantu otak untuk menciptakan rasa kantuk. Minumlah susu hangat sebelum tidur agar terhindar dari masalah sulit tidur.

2. Hindari Makan Berat Sebelum Tidur

Mengonsumsi makan malam berlebihan sebelum tidur membuat Anda sulit mendapatkan waktu tidur yang baik. Perut akan terasa tidak nyaman karena terlalu penuh berisi makanan.

Lebih buruk lagi perut akan menghasilkan gas yang berlebih sehingga perut terasa kembung dan mulas. Sebaiknya mengonsumsi makanan tiga jam sebelum tidur dengan posri kurang dari 400 kalori.

Berikut ini tiga makanan yang bisa dipilih untuk dikonsumsi sebelum tidur yaitu satu cangkir dengan kandungan rendah gula dan lemak dengan tambahan dua sendok sereal, tiga cangkir popcorn rendah lemak dengan dua sendok makan keju parmesan, atau kue beras dengan satu atau dua iris daging ayam.

3. Konsumsi Obat Tidur dengan Pengawasan Dokter

Biasanya para dokter merekomendasikan melatonin, hormon yang membnatu mengatur siklus tidur dan bangun. Namun sebelum mengonsumsi obat tidur perlu konsultasi dengan dokter. Obat tidur alami dengan kandungan melatonin juga terdapat ada di kue ceri dan kenari.

(Mia/Abd)