Sukses

5 Minyak Alami untuk Kulit

Merasa memiliki masalah kulit kering dapat menggunakan minyak alami seperti argan, minyak kelapa,bij rami dan lavender.

Musim penghujan atau panas terkadang menimbulkan masalah tersendiri untuk kulit. Kurangnya pelembab membuat kulit menjadi kering dan mudah iritasi. Untuk mencegah kulit menjadi kering dapat menggunakan minyak alami.

Berikut ini minyak yang dapat menjadi senjata ampuh untuk membuat kulit tetap lembab, dikutip Everydayhealth, Selasa (18/2/2014):

1. Minyak Argan

Minyak argan ini membantu mencegah garis-garis halus, kulit dan rambut kering. Minyak argan ini diekstrak dari biji yang ditemukan dalam buah pohon argan Maroko. Kandungan vitamin E, asam lemak omega 3 dan antioksidan menjadi penyelamat untuk kulit kering dan rambut rusak.

"Asam lemak membantu sel-sel kulit kita sehingga membuat membran yang sehat, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kolagen yang sehat," kata Asisten Profesor Dermatologi di Mount Sinai Medical Center , di New York City, Joshua Zeichner.

2. Minyak Apokat

Kandungan vitamin E dan asam lemak omega 3 dalam minyak apokat dapat membantu mencegah kulit sensitif, kering dan kusam. "Selain itu minyak apokat dapat membantu meningkatkan fungsi sel dan mengurangi peradangan pada kulit, mencegah penuaan dini dan mengurangi rasa gatal," kata Assisten Profesor Klinis Dermatologi, di University of California di San Fransisco, Jennifer Linder.

3. Minyak Kelapa

Untuk Anda yang mengalami kulit sensitif, eksim dan rambut kering dapat menggunakan minyak kelapa. "Asam lemak yang ada pada minyak kelapa dapat membantu emlembabkan kulit dan mengurangi eksim," kata Facialist Artis di New York.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa minyak kelapa berkhasiat untuk rambut kering. "Struktur asam lemak 12  dan karbon dapat menembus kutikula rambut dan membantu memberikan fleksibilitas dan kekuatan, selain itu dapat membuat rambut menjadi halus. Minyak kelapa bisa dijadikan sebagai pengganti kondisioner," kata Ahli Kosmetik di Chicago, Perry Romanowski.

4. Minyak Biji Rami

Minyak biji rami mengandung asam omega 3 dan omega 6 untuk kulit sensitif, eksim dan kusam. Selain itu juga ada kandungan flaxseed yang penting untuk kesehatan kulit dan jantung.

"Anda dapat mencampur biji rami dalam makanan, atau menggunakan minyak biji rami sebagai pelembab topikal," kata Dokter Bedah Dermatologi Lenox Hill Hospital di New York City, Howard Sobel, MD.

Penelitian juga menunjukan minyak biji rami digunakan sebagai anti inflamasi atau peradangan dan membantu menghilangkan eksim dalam tiga bulan.

5. Minyak Lavender

Masalah kulit jerawat, iritasi dan kusam dapat teratasi dengan minyak lavender, "Ini membantu mengontrol produksi sebum (minyak alami tubuh), menenangkan iritasi, dan merupakan desinfektan antiseptik alami," kata Linder.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini