Sukses

5 Tempat Liburan yang Rentan Penyakit, Waspada!

Beberapa tempat ini perlu diperhatikan kondisi wilayahnya, jangan sampai liburan yang seharusnya santai malah berisiko untuk kesehatan.

Berlibur dipilih sebagai salah satu menghilangkan stres. Namun, Anda perlu hati-hati terhadap kondisi lingkungan tempat yang akan dituju. Jangan sampai liburan yang seharusnya santai malah berisiko untuk kesehatan.

Berikut ini beberapa tempat wisata yang perlu dihindari agar kesehatan tidak terganggu, dikutip Everydayhealth, Senin (17/2/2014) :

1. Meksiko

Menurut Dokter Penyakit Menular dari Summit Medical Group in Berkeley Heights, Redentor Mendiola, MD negara yang satu ini rentan risiko kesehatan pencernaan.

"Keindahan alam dan budaya di sana memang menjadi tujuan berlibur banyak orang. Namun Meksiko tidak sehat karena di sana dikenal dengan penyakit diare yang parah," katanya.

Untuk yang ingin berlibur ke Meksikok, Mendiola menyarankan minum hanya air kemasan, bila mengonsumsi es sebaiknya yang berasal dari air kemasan. "Selain itu konsumsi juga buah dan sayuran yang dicuci dengan air bersih," kata Mendiola.

2. Republik Dominika

Negara kepulauan ini memang menjadi tujuan liburan yang cukup populer. Namun karena wilayah tersebut masih berkembang, sehingga masih ditemukan beberapa masalah kesehatan.

"Di Republik Dominika, ada laporan terkait wabah kolera. Kemungkinan ini diperoleh dari sumber air yang buruk," kata Mendiola. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat menyarankan untuk sellau emmbawa antibiotik, air bersih dan bahan kimia aman untuk pemurnian air.

3. Taman Nasional Yoesemite

Taman nasional yang terletak di sebelah timur California, Amerika Serikat ini terkenal memanjakan mata dengan air terjun dan tebing granitnya. Namun sayang akhir-akhir ini ditemukan kasus penyakit paru hantavirus pulmonary syndrome yang disebabkan kontak langsung dengan kotoran tikus.

Untuk menghindari para turis berisiko terkena penyakit ini, pihak Yoesemite melakukan langkah-langkah pencegahan seperti menutup perkemahan.

4. Irlandia

Pulau yang kaya akan budaya dan keindahan alamnya ini menjadi tujuan para turis mengunjungi Irlandia. Namun menurut Penulis Eating Mindfully, Susan Albers, PsyD negara tersebut memiliki risiko buruk untuk kesehatan terutama masalah obesitas.

"Makanan dan minuman di sana banyak mengandung lemak tidak sehat sehingga berdampak buruk pada kesehatan. Kalori yang tinggi dari makanan membuat para turis menjadi gemuk dan mengurangi fungsi otaknya," kata Albers.

5. Kapal Pesiar

Menikmati perjalanan dengan kapal pesiar menjadi pengalaman liburan yang mewah. Namun kapal ini menurut Direktur dari Pusat Kedokteran Mikologi dan Laboratorium Mikologi Referensi di Rumah Sakit Universitas Cleveland dan Case Western Reserve University, Mahmoud Ghannoum, PhD merupakan sumber utama untuk penyakit infeksi.

"Kapal ini adalah tempat utama untuk infeksi, termasuk norovirus dan influenza menyebar karena tempat atau lingkup terbatas," kata Ghannoum.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.