Sukses

[VIDEO] Belatung Hidup di Telinga Seorang Nenek

Seorang wanita Taiwan berusia 48 tahun mengeluh telinganya sakit parah. Ternyata, ada belatung hidup di dalam telinganya.

Seorang wanita Taiwan berusia 48 tahun yang mengenakan alat bantu dengar mengeluh telinganya sakit parah. Setelah 24 jam menderita, ia pergi ke rumah sakit. Ia tak mengira, di dalam telinganya itu ada belatung hidup (larva).

Dokter di Tri-Service General Hospital, Taipei, mencopot alat bantu dengar yang dikenakan di telinga kirinya. Dokter melihat telinga wanita yang tak disebutkan identitasnya itu penuh dengan darah. Saat dokter memeriksa telinganya, ditemukan larva lalat buah yang bergerak di dalam saluran telinga. Dokter meyakini, larva itu sudah `menginap` setidaknya selama satu hari.

Dr Cheng-Ping Shih mengatakan kepada NBCNews, Jumat (14/2/2014), bahwa telinga wanita kurang sensitif dibanding biasanya karena sudah bertahun-tahun memakai alat bantu dengar.

Ia mengatakan, alat bantu dengar juga membuat telinga terasa lebih hangat dibanding biasanya sehingga menjadi rumah yang menarik untuk larva.

Sebuah laporan di New England Journal of Medicine mengungkapkan, makhluk itu telah mengikis kulit di dasar saluran telinga, dekat dengan gendang telinga.  Dokter berhasil mengambil belatung tanpa kesulitan dan wanita tersebut diberikan antibiotik.

Ternyata, dokter baru mengambil setelah memfilmkan belatung yang menggeliat di dalam telinganya.

Usai telinga diambil, wanita itu merasa telinganya membaik. Dan dua minggu usai perawatan, erosi dalam saluran telinga juga sudah sembuh.

Dokter menduga, larva itu masuk ketika di rumah. "Sebagian besar kasus hewan di lubang telinga adalah benda yang terbang dan kecoak," kata Dr Cheng Ping kepada NBC.

"Larva lalat buah dalam saluran telinga relatif tak biasa," katanya lagi.

Wanita Taiwan ini bukan yang pertama untuk menemukan makhluk hidup di telinganya. Wanita Inggris, Rochelle Harris, mengalami sakit kepala yang parah setelah kembali dari liburan di Peru. Dia merasa ngeri ketika dokter menemukan delapan belatung besar tinggal di telinganya.

(Mel/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini