Sukses

Manfaat Selalu Berpikir Positif

Dengan selalu berpikir positif banyak manfaat yang didapat seperti mencerdaskan dan meningkatkan kualitas hidup.

Selalu berpikir positif kerap tidak mudah dilakukan. Menurut Pelatih Profesional Mindfulness, Shamash Alidina dan Joelle Jane Marshall, agar kita mudah melakukannya, jadikan hal tersebut sebagai kebiasaan sehingga mudah dilakukan.

"Selalu berpikir positif memberikan manfaat yang banyak untuk tubuh kita. Kalau sudah menjadi kebiasaan apa pun akan mudah dilakukan," kata mereka dikutip Dummies, Sabtu (15/2/2014).

Berikut ini manfaat selalu berpikir positif, yaitu:

1. Meningkatkan Kualitas Hidup

"Dengan selalu berpikir positif kualitas hidup kita meningkat. Hubungan dengan banyak orang juga terjalin baik, maka dari itu mulailah mengubah hal negatif menjadi positif," kata Shamash.

2. Mengurangi Stres

Penulis Rewire Your Brain for Love, dr. Marsha Lucas mengatakan pikiran positif dapat mengurangi tingkat stres. "Masalah kecil bisa menjadi besar abhkan memperburuk hidup ketika pemikiran negatif terus muncul. Mulailah latihan meditasi dengan pikiran positif sehingga stres pun berkurang," kaya Lucas.

3. Meningkatkan Kecerdasan

Para peneliti menunjukan dengan berpikir positif dapat memperkuat hubungan antara korteks prefrontal (otak intelektual) dengan daerah amigdala (otak emosional). Seseorang yang selalu berpikir positif dapat menangani emosi mereka lebih baik.

"Hal yang tadinya masalah besar bisa dihilangkan misalnya ketika anda bereaksi secara emosional. Tanpa pikir panjang, Anda berteriak dan marah. ini tidak cerdas, kalau berpikir positif kita dapat menangani emosi kita," kata Marshall.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini