Sukses

Pentingnya Sarapan bagi Anak, Jangan Lewatkan!

Seorang anak memiliki tiga kebutuhan utama yang dapat terpenuhi hanya dengan sarapan. Bila tak sarapan, maka susah terpenuhi.

Tiga tujuan utama yang dapat terpenuhi hanya dengan sarapan bagi anak antara lain fisik sehat dan kuat, pikiran penuh semangat, dan perilaku yang baik. Bila tidak sarapan, bakal sulit memenuhi ketiganya.

"Bila seorang anak tidak sarapan, setidaknya dua kebutuhan pertama sangat susah terpenuhi. Sebab, diperlukan nutrisi dan mineral yang cukup dan seimbang," kata Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr. Soedjatmiko, SpA(K), Msi dalam Media Gathering `Blue Band Sarapan Serentak 5.000 Siswa Dalam Rangka Pekan Sarapan Nasional 2014` di Aula SD Islam Al-Azhar Pusat, Jakarta Selatan, Kamis (13/2/2014).

Selain itu, alasan lain mengapa seorang anak diharuskan sarapan sebelum memulai aktivitasnya adalah selama tidur, makanan yang diasup malam hari telah dipergunakan untuk pertumbuhan badannya ketika dia tidur.

Sehingga ketika anak bangun di pagi hari, cadangan makanan dalam tubuhnya habis. Maka itu, sarapan sangat diperlukan untuk memenuhi cadangan yang sudah dipakai ketika tidur.

"Fisik anak setiap hari tumbuh dan berkembang. Supaya fokus mengingat dan menjawab semua pelajaran yang didapat ketika di sekolah, anak memerlukan asupan mineral, vitamin, asam amino," kata Soedjatmiko menambahkan.

Menurut penelitian, sarapan terbukti dapat meningkatkan konsentrasi belajar dan stamina anak. Namun sayang, 44,6 persen dari 35.000 anak usia sekolah dasar memperoleh asupan energi kurang dari 15 persen kebutuhannya, yang seharusnya 15-30 persen kebutuhan.

(Adt/Mel)

Baca Juga:

Remaja yang Lewatkan Sarapan, Berisiko Penyakitan Saat Dewasa
Pilihan Sarapan Pendongkrak Stamina Otak
Ini Waktu yang Tepat Konsumsi Buah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.