Kulit Cantik dan Sehat, Yuk Konsumsi Cokelat!

Oleh Kusmiyati pada 11 Feb 2014, 18:15 WIB
Diperbarui 11 Feb 2014, 18:15 WIB
makan-cokelat-140211b.jpg
Perbesar
Cokelat, sepertinya kudapan manis ini hampir digemari banyak orang di segala usia. Walaupun kerap dihubungkan dengan kenaikan berat badan namun cokelat ternyata baik untuk kesehatan kulit.

Tidak hanya tabir surya yang dapat menjadi perisai kulit dari paparan sinar ultaviolet, cokelat pun bisa. Sebuah studi yang dilakukan ilmuwan London menunjukan dengan mengonsumsi 20 gram cokelat hitam selama 12 minggu dapat melindungi kulit dua kali lebih lipat dari hanya sekedar menggunakan tabir surya.

Pada tahun 2009, Journal of Cosmetic Dermatology mengungkapkan bahwa cokelat hitam dapat melindungi kulit sehingga tidak mudah terbakar dan mengurangi risiko penuaan dini. Dan pada tahun 2006 , ilmuwan Jerman juga menemukan cokelat dapat membantu melindungi kulit dari risiko kanker.

"Data ilmiah mengatakan kandungan flavanoids yang tinggi dapat melindungi kulit sehingga tidak mudah terbakar," kata Dermatolog Kosmetik dr.Oscar Hevia, dikutip Health, Selasa (11/2/2014).

Hevia mengatakan studi memang menunjukkan setelah tiga bulan mengonsumsi cokelat hitam dapat meningkatkan ketebalan, kelembapan dan menunjang penampilan kulit.

"Cokelat hitam atau bubuk kakao memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan karena bersifat antioksidan yang menguntungkan kulit," kata Hevia.

(Mia/Abd)

Baca Juga :

Wanita Jepang Hadiahi Cokelat Menstruasi di Hari Valentine
Cokelat Itu Nggak Bikin Gemuk, Asal...
Cegah Diabetes dan Serangan Jantung dengan `Red Wine` dan Cokelat