Sukses

Resep Dimsum Ceker ala Masterchef Indonesia 2012

Masterchef Indonesia 2012, Lucky Andreono menghadirkan menu yang berbeda yang masih dengan ciri khas makanan Asia untuk Imlek.

Imlek tahun ini yang jatuh pada 31 Januari disambut meriah masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia. Sejak diresmikannya menjadi hari libur nasional di era Gus Dur 1998, masyarakat Tionghoa mulai unjuk gigi dengan beberapa penampilan budaya seperti barongsai.

Tidak hanya itu imlek juga identik dengan warna merah dan beberapa menu makanan wajib seperti kue keranjang dan onde. Namun kali ini Masterchef Indonesia 2012, Lucky Andreono menghadirkan menu yang berbeda yang masih dengan ciri khas makanan Asia.

Dimsum Kaki Ayam

Bahan:
500gr kaki ayam
Minyak goreng secukupnya
2 liter air
25 gram jahe segar
3 buah bunga lawang/pekak
5 cm kayu manis
50 gram ketumbar (pakai akar dan batangnya)
60 gram gula

Bumbu marinasi:

2 sendok makan (sdm) saus tiram
1 sdm gula
2 sdm kecap asin
1 sdm arak masak
50 gr cabe merah besar, cincang
4 siung bawang putih, cincang halus
½ sendok teh merica
1  sdm saus kacang hitam
½ sdt minyak wijen

Cara membuat:

1.   Cuci kaki ayam dan keringkan dengan tisu dapur. Lumuri kaki ayam dengan gula dan deep-dry di minyak dengan suhu 180 derajat  celcius sampai berubah warna coklat keemasan (5 - 7 menit).
2. Rebus air dengan jahe, bunga lawang, kayu manis dan ketumbar. Tambahkan kaki ayam yang sudah digoreng dan masak selama 1,5 jam dengan api kecil.
3.Campurkan bahan untuk marinasi dan masukan kaki ayam yang sudah di tiriskan. Marinasi ayam selama 12 jam atausemalaman.
4.Sebelum menyajikan, masukan kaki ayam dan bumbu marinasi dan kukus selama 15 menit.

(Mia/Mel)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini