Penyakit Kencing Tikus, Paling Bahaya Kala Musim Banjir

Oleh Aditya Eka Prawira pada 21 Jan 2014, 18:15 WIB
Diperbarui 21 Jan 2014, 18:15 WIB
7-serba-serbi-banjir-140120c.jpg
Perbesar
Berbagai macam penyakit berbahaya mengintai ketika banjir tib, terlebih buat anak-anak. Salah satu penyakit berbahaya yang harus diwaspadai adalah penyakit kencing tikus atau lebih dikenal dengan leptospirosis.

Spesialis Anak Rumah Sakit Premier Jatinegara, dr. Marissa Tania Stephanie Pudjiadi, SpA, menyebutkan, meski banyaknya penyakit yang harus diwaspadai saat banjir melanda seperti sekarang ini, tapi leptospirosislah yang cukup mengkhawatirkan. Lantas, seperti apa gejalanya?

"Gejalanya hampir sama seperti flu. Demam, kuning, dan kemudian daerah betis sakit sekali," kata Marissa dalam acara `Pentingnya Menjaga Kesehatan Anak` di Rumah Sakit Premier Jatinegara, Jakarta, ditulis Health Liputan6.com pada Selasa (21/1/2014).

Gejala lain yang sering dirasakan adalah sakit kepala, menggigil, dan nyeri. Tak jarang pula, penderita juga mengalami diare. Jika sudah seperti ini, harus segera dibawa ke rumah sakit agar ditangani secara medis.

"Pada tahap lebih lanjut, harus diperiksa di laboratorium," kata Marissa menjelaskan.

Bagi yang memiliki luka pada kaki, usahakan untuk senantiasa memakai alas kaki tertutup agar terhindar dari infeksi yang berasal dari kuman penyakit kencing tikus ini.

(Adt/Abd)

Baca juga:

Rombongan Penyakit Pengintai Pengungsi Korban Banjir
Pemerintah Tanggung Biaya Kesehatan dan Makan Korban Banjir
Korban Banjir Sudah Dijamin BPJS Kesehatan

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya