Sukses

Anak Sekolah Dilarang Konsumsi Minuman Energi

Minuman energi kini dilarang diedarkan di sekolah-sekolah di negeri Inggris, khususnya di Kota London.

Minuman energi kini dilarang diedarkan di sekolah-sekolah di negeri Inggris, khususnya di Kota London.

Menurut pejabat kesehatan berwenang, minuman energi yang saat ini jumlahnya sangat banyak mengandung gula dan kafein dengan kadar sangat tinggi. Ini mampu membuat seorang anak jadi lebih hiperaktif dan sulit dikendalikan.

Satu kaleng 500 ml minuman energi itu mengandung lebih dari 13 sendok teh gula dan 160 mg kafein, yang jumlahnya hampir sama seperti mengonsumsi empat kaleng minuman bersoda.

Kemarin, Senin (20/1/2014), penasihat pemerintahan John Vincent meminta masyarakat agar mulai menghentikan kebiasaan mengonsumsi minuman energi, terlebih untuk anak-anak di bawah usia 16 tahun.

"Minuman energi secara efektif dikatakan bentuk lain dari obat-obatan," kata Vincent seperti dilansir laman Daily Mail, Selasa (21/1/2014).

Untuk mengampanyekan ini, Vincent direkrut langsung oleh pemerintah untuk meningkatkan gizi yang cocok untuk disajikan anak-anak. Terlebih, saat ini, jumlah obesitas mulai mengalami peningkatan.

"Minuman ini memiliki efek yang sangat merusak kemampuan anak-anak dalam berkonsentrasi," kata Christoper menjelaskan.

Di pihak lain, The Food Standards Agency (FSA) mulai menyuarakan kepada para orangtua untuk membatasi asupan minuman yang tinggi kafein pada anak-anaknya.

Juru bicara FSA menyebutkan, konsumsi minuman energi pada anak-anak menyebabkan efek jangka pendek yang sangat berbahaya. Anta lain peningkatan rangsangan, iritabilitas, kegugupan atau kecemasan.

Menurut penelitian yang dilakukan FSA, diketahui beberapa anak lebih memilih mengonsumsi minuman energi untuk sarapan daripada semangkuk sereal yang sudah jelas sangat bagus untuk kesehatannya.

Sebuah survei yang diterbitkan pada musim gugur menemukan fakta bahwa satu dari 20 remaja pergi ke sekolah dengan membawa sekaleng minuman berenergi.

(Adt/Abd)

Baca juga:

Minuman Energi Bisa Bikin Gigi Rontok
Berlebih Konsumsi Minuman Energi, Ini Akibatnya!
Minuman Energi, Ini Lho Isinya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini