Matikan Ponsel Pukul 9 Malam, Bikin Kerja Makin Produktif

Oleh Aditya Eka Prawira pada 21 Jan 2014, 20:30 WIB
Diperbarui 21 Jan 2014, 20:30 WIB
ponsel-131118b.jpg
Perbesar
Produktivitas seseorang ditentukan dari apa yang dilakukannya di kehidupan sehari-hari. Salah satunya penggunaan ponsel pintar. Menurut para peneliti, mematikan ponsel pada pukul 9 malam, mampu membuat pemiliknya jauh lebih produktif dalam bekerja keesokan harinya.

Peneliti dari Universitas Washington menjelaskan bahwa menggunakan ponsel hingga larut malam akan merusak tidur seseorang dan selanjutnya merusak produktivitas di tempat kerja.

Untuk itu, para peneliti menyarankan kepada para pegawai untuk mematikan ponsel atau sebaliknya berisiko tidak nyaman saat bekerja esok harinya.

"Ponsel pintar sangat membantu seserorang meringankan pekerjaannya di luar jam kantor," kata Asissten Profesor Manajemen di University of Washington Foster School of Business, Christropher Barnes.

Penelitian ini, kata Chrsitoper, menunjukkan bahwa ponsel pintar mampu memperburuk kualitas tidur seseorang, sedangkan tidur nyenyak tanpa gangguan sangat dibutuhkan oleh seorang pegawai agar lebih efektif di tempat kerja.

"Sayangnya, saat ini ponser pintar dirancang sedemikian sempurnanya untuk mengganggu tidur seseorang. Karena mereka membuat kita secara mental terlibat dengan pekerjaan itu hingga larut malam," kata Christoper menambahkan.

Dilansir dari laman Daily Mail, Selasa (21/1/2014) cahaya biru yang dipancarkan dari layar ponsel kita, menurut para peneliti menghambat tidur yang pada akhirnya membuat kita menunda tidur dan lebih fokus pada ponsel pintar dengan segala data yang disimpan.

(Adt/Abd)

Baca juga:

Ini Tanda-tanda Tubuh Terlalu Keras Bekerja!
Sering ke Toilet Tengah Malam Turunkan Produktivitas Kerja
Waspada, Insomnia Datang, Kanker Prostat Menghadang!