Sukses

Latihan Beban Cegah Diabetes pada Wanita

Untuk wanita yang rutin melakukan aktivitas fisik satu ini, berisiko lebih rendah terhadap diabetes tipe 2.

Angkat beban tidak hanya meningkatkan kebugaran fisik. Melainkan juga menurunkan risiko akan munculnya diabetes.

Dalam sebuah studi yang dilakukan Counsel and Heal dan diterbitkan dalam jurnal bertajuk PLoS ONE, para peneliti itu melihat 99.316 orang wanita paruh baya dan lebih tua yang tidak memiliki penyakit diabetes di awal penelitian. Para wanita itu dibiarkan untuk melakukan latihan pengondisian otot dengan olahraga ringan seperti Yoga yang dilakukan secara intens.

Selama masa penelitian, wanita yang melakukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik dan setidaknya 60 menit aktivitas penguatan otot mingguan mengalami penurunan risiko diabetes terbesar, dibandingkan wanita yang tidak aktif.

"Temuan dari studi kami ini menunjukkan bahwa menggabungkan kegiatan dan penguatan otot dan pendingin dengan aktivitas aerobik memberikan manfaat besar untuk mencegah diabetes pada wanita," kata para peneliti seperti dikutip laman Fox News, Kamis (15/1/2014)

Sebelumnya, latihan beban telah dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes pada pria.

(Adt/Abd)

Baca juga:

Akibat Berlebihan Latihan Beban, Rebecca Alami Kerusakan Otot
Mood Buruk? Jangan Ragu Angkat Beban
Cerita Sukses Pelaku Diet OCD, Ada yang Turun 12 Kg dalam Sebulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini