Sukses

Tisu Basah Bisa Sebabkan Bayi Alami Gatal-gatal dan Ruam

Hati-hati menggunakan baby wipes (tisu basah bayi). Sejumlah anak mengalami gatal, kulit bersisik, serta ruam merah.

Hati-hati menggunakan baby wipes (tisu basah bayi). Sejumlah anak mengalami gatal, kulit bersisik, serta ruam merah.

Demikian hasil penelitian dari University of Connecticut School of Medicine yang diterbitkan dalam Jurnal pediatrics seperti dikutip Nbcnews, Kamis (16/1/2014).

Sampai saat ini belum ada laporan reaksi alergi dari tisu basah pada anak-anak di Amerika Serikat. Namun, kejadian itu mungkin karena reaksi dari kondisi lain seperti eksim, impetigo, dan psoriasis.

"Saya pikir mungkin lebih umum dibanding yang disadari orang," kata penulis penelitian Dr Mary Wu Chang, yang juga profesor dermatologi dan pediatri di University of Connecticut School of Medicine.

Chang melaporkan ada enam anak yang mengembangkan ruam misterius dan datang ke UConn Health Center untuk mendapat bantuan. Pasien pertama merupakan gadis berusia 8 tahun, yang memiliki ruam merah di sekitar mulut dan bokongnya. Awalnya, pasien diobati antibiotik dan steroid. Setiap kali ia agak membaik, ruam datang kembali.

Ketika Chang melihat riwayat medis anak itu ia muali bertanya-tanya kemungkinan gadis itu mengalami reaksi alergi. "Saya berpikir tisu basah yang membuat ruam di wajahnya dan bokongnya," katanya.

"Lalu saya bertanya kepada ibunya apa yang dia gunakan untuk membersihkan anaknya," ujarnya.

Sang ibu kemudian mengatakan kepada Chang dia menggunakan tisu basah dan peneliti teringat kasus seorang pria Belgia yang bereaksi dengan pengawet kimia yang dikenal sebagai methylisothiazolinone (MI) yang ditemukan di tisu bayi dan produk lainnya .

Chang menguji gadis itu untuk alergi terhadap MI dan tes positif. Ketika ibu berhenti memakai tisu, ruam hilang.

Selama 22 bulan kemudian, lima anak lainnya juga mengalami ruam jenis yang sama. Semuanya selesai setelah orangtua berhenti memakai tisu basah.

Chang belum siap memberitahu orangtua agar menjauh dari tisu basah. "Saya memiliki tiga anak, jadi saya tahu betapa sulinya melakukan perubahan, terutama ketika Anda sedang bepergian. Tapi, ketika Anda berada di rumah, akan lebih baik untuk menggunakan pembersih yang lembut dan air. Dengan cara itu Anda meminimalkan paparan," ujarnya.

(Mel/*)

Baca Juga:

Cara Lenyapkan Alergi Wajah dengan Es
Anak yang Dijejali Penyebab Alergi Sejak Balita Lebih Kebal
Konsumsi Ikan untuk Bayi Usia Setahun Cegah Alergi di Usia Dewasa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini