Sukses

Khasiat Lada Hitam Bisa Pecahkan Lemak Tubuh

Lada hitam memiliki banyak manfaat kandungannya dapat mengurangi depresi, vitiligo, batuk, pilek, sinusitis dan penyakit lambung.

Kini sudah banyak menu makanan di restoran yang mengombinasikan dengan rempah-rempah yang satu ini. Dikutip Healthmeup, Minggu (12/1/2014) lada hitam tidak hanya membuat makanan lezat namun juga dapat meningkatkan kesehatan.

Lada hitam memiliki sifat penyembuhan yang dapat membantu mengobati vitiligo atau penyakit kehilangan melanin sehingga pigmen kulit memudar dan muncul bercak putih dalam bentuk yang tidak teratur yang semakin lama ukurannya dapat membesar.

Selain itu juga dapat membantu melancarkan proses pencernaan serta mengurangi nyeri sendi. Kandungan lada hitam yang terdiri dari anti bakteri, anti inflamasi dan nilai gizi yang tinggi dapat membantu menyerap nutrisi dalam darah. Lada hitam atau blackpepper sebaiknya dikonsumsi dalam bentuk utuh bukan bubuk.

Lada hitam juga tidak baik ketika dikonsumsi dalam jumlah besar dapat berisiko iritasi usus. Lada hitam memiliki kandungan vitamin C, K, kalium, serat dan zat besi.

Berikut ini beberapa penyakit yang dapat diatasi setelah mengonsumsi lada hitam, yaitu:

1. Vitiligo

Lada hitam telah digunakan di Ayurvedic selama bertahun-tahun untuk mengobati kondisi vitiligo. Penyakit ini adalah penyakit kehilangan melanin sehingga pigmen kulit memudar dan muncul bercak putih dalam bentuk yang tidak teratur yang semakin lama ukurannya dapat membesar.

Lada hitam digunakan dalam minyak Ayurvedic dan salep sebagai aplikator eksternal untuk mendorong peningkatan produksi melanin. Hal ini juga digunakan dalam Allopathy yaitu pasta yang mengandung lada hitam untuk melindungi dari sinar matahari.

2. Lambung

Lada hitam mengandung piperin yang dapat meningkatkan sekresi asam klorida dalam lambung sehingga membuat proses pencernaan menjadi lancar. Lada hitam juga dapat membantu mengurangi kadar gas dalam lambung penyebab perut kembung. Selain itu juga dapat menghilangkan racun dalam tubuh lewat keringat yang keluar.

3. Disebabkan Bakteri

Kandungan vitamin C pada lada hitam dapat mengobati batuk, pilek dan sinusitis. Selain itu juga bersifat anti bakteri yang membantu mengobati sembelit dan diare. Ketika lada hitam direbus dengan campuran air dan minyak maka dapat digunakan untuk mengobati gigitan serangga. Lada hitam yang digigit langsung dapat membantu mengurangi rasa sakit pada gigi.

3. Penangkal Radikal Bebas

Antioksidan yang ada pada lada hitam dapat menangkal radikal bebas dan meminimalkan kerusakan pada kulit. Lad hitam juga dapat membantu pengobatan kanker terutama kanker kulit.

4. Pemecah Lemak

Lada hitam dapat membantu memecah sel-sel lemak lebih cepat dan membantu menurunkan berat badan. Selain itu juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga proses penurunan berat badan bisa dilakukan dengan mudah. Lada hitam dapat menyebabkan seseorang berkeringat dan buang air kecil, hal tersebut untuk membantu menghilangkan racun dan juga membantu membersihkan arteri untuk membersihkan darah dari racun.

5. Mengurangi Depresi

Piperin dalam lada hitam dapat bertindak langsung menuju sistem saraf pusat, sehingga bersifat sebagai ainti depresan. (Mia/Igw)

Baca Juga :

Diet Sederhana untuk Obati Flu di Musim Hujan
Lada Hitam Bantu Turunkan Berat Badan
Nggak Mau Pakai Micin, Ganti Saja dengan `Micin` Alami!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini