5 Masalah Kesehatan yang Masih Ada di 2014

Oleh Kusmiyati pada 31 Des 2013, 17:00 WIB
Diperbarui 31 Des 2013, 17:00 WIB
wajah-kesehatan-131008c.jpg
Perbesar
Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) menemukan masih ada lima masalah besar dalam dunia kesehatan di tahun 2014.  Pada tahun 2013 mungkin banyak orang yang menyerukan bahaya merokok, penyalahgunaan obat, infeksi mikroba dan infeksi HIV/AIDS (Human immunodeficiency virus infection / acquired immunodeficiency syndrome).

Berikut lima masalah besar di dunia kesehatan pada tahun 2014, seperti dikutip dari Thedailybeast, Selasa (31/12/2013):

1 . Sulit Vaksinasi HPV

CDC memprediksi di tahun baru nanti akan ada 4.400 perempuan yang didiagnosis kanker serviks dan 1.400 di antaranya berisiko kematian. Hal ini menurut CDC akan banyak aktivitas seksual aktif dan para perempuan akan sulit mendapatkan vaksin human papilloma virus (HPV).

CDC berharap dapat lebih meningkatkan adanya vaksin HPV ini dan baru di tahun 2020 keberadaan vaksin ini akan mencapai 80 persen.

2. Lebih Bijak Menggunakan Antibiotik

Deputi Direktur Healthcare dari CDC, dr. Michael Ball mengatakan di tahun 2014 sebaiknya orang-orang diperingatkan untuk lebih bijaksana mengonsumsi antibiotik. "Kalau nantinya salah menggunakan antibiotik dikhawatirkan tingkat resistensi obat akan meningkat, tubuh akan menjadi kebal dengan obat dan diprediksi lebih dari dua juta orang Amerika meningkkal akibat ini," katanya.

3 . Overdosis

Kematian akibat overdosis obat penghilang rasa sakit telah mencapai angka yang cukup tinggi. Pada tahun 2010, lebih dari 16.500 orang meninggal akibat penyalahgunaan obat penghilang rasa sakit, akibat gabungan heroin dan kokain. Jumlah kematian akibat overdosis ini akan meningkat empat kali lipat selama sepuluh tahun terakhir.

4. Polio

Masalah yang satu ini masih akan menjadi isu besar. CDC berharap dapat memberantas polio dengan berupaya semaksimal mungkin bekerja sama dengan Organ Kesehatan Dunia (WHO) untuk mencegah lebih dari setengah juta kematian.

CDC memperingatkan untuk tetap anak-anak mendapatkan vaksin dan imunisasi. Di setiap tahunnya lebih dari 200.000 anak di seluruh dunia menderita polio.

5. Wabah Penyakit Menular

Direktur CDC, Tom Frieden mengatakan, di tahun 2014 semua orang perlu waspada bahaya wabah penyakit menular. Penyakit menular ini diharapkan mendapatkan perhatian khusus dan serius. "Ini dijadikan pemikiran yang serius, kami menggunakan jaringan kesehatan global untuk memperkuat pengawasan dan laboratorium sistem untuk mendeteksi penyakit dan menyelidiki wabah penyakit," kata Tom.

Menurutnya hanya satu dari lima negara yang dapat dengan cepat mendeteksi, menanggapi atau mencegah ancaman kesehatan penyakit menular ini. (Mia/Mel)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca Juga :

Jangan Kapok Bikin Resolusi Saat Pergantian Tahun
Target 2014: Rawat Kulit Sehat Agar Tetap Cantik
Target 2014: Mengejar Karir Boleh, Asal Ingat Kesehatan
Yuk Buat Resolusi Hubungan Asmara di 2014