Sukses

Apapun Resolusinya Jangan Lupakan Tidur

Menurut Profesor Neurologi dan Direktur UCLA Sleep Disorders Center, dr. Alon Avidan, MD, MPH apapun resolusinya tetap jangan lupakan tidur.

Semua orang ingin memasuki tahun barunya dengan perubahan yang lebih baik. Tidak sedikit yang mulai mendata harapan mereka sebagai resolusi tahun depan.

Menurut Profesor Neurologi dan Direktur UCLA Sleep Disorders Center, dr. Alon Avidan, MD, MPH yang dikutip Huffingtonpost, Selasa (31/12/2013), beberapa yang perlu dimasukan dalam daftar yaitu tubuh fit, turun berat badan, makan lebih bergizi, stres berkurang dan menabung.

"Seandainya resolusi tahun lalu belum tercapai, dapat dilanjutkan di tahun berikutnya. Mereka itu memang perlu melakukan perubahan yang lebih baik dalam bidang kesehatan, karir dan keuangan," kata Avidan. Menurut penelitian di University of Scranton, Forbes sekitar delapan persen keberhasilan seseorang mencapai resolusinya.

"Harus ada kepercayaan diri untuk mencapai resolusi yang telah ditulis. Apapun resolusinya tetap kesehatan itu yang paling penting, dan sangat perlu menjaga pola tidur karena dengan ini semua resolusi dapat tercapai," kata Avidan.

Avidan menambahkan dengan tidur yang cukup maka semua aktivitas dapat terlaksana dengan baik, berikut ini beberapa yang terkait dengan tidur, yaitu :

1. Tidur yang Baik Menjaga Berat Badan

Dengan tidur yang kurang, keinginan untuk makan akan terus terjadi. Sehingga tidur yang kurang berkaitan erat dengan obesitas atau penambahan berat badan. "Tidur mengurangi rasa lelah juga, karena seseorang yang lelah keinginan untuk makannya akan meningkat. Di dalam pikiran mereka masih kekurangan energi dan untuk mencukupi energi tersebut maka perlu makan. Keseimbangan hormon pun menurun dan terus memicu rasa lapar," katanya.

Dalam sebuah penelitian kecil di 2012, peneliti menemukan tidur yang kurang mempengaruhi peningkatan kadar ghrelin yang memicu rasa lapar pada pria. Dan pada wanita ghrelin menurunkan kadar hormon penekan nafsu makan sehingga akan terus merasa ingin makan.

2. Tidur Berkaitan dengan Memori

"Tidurlah dengan waktu yang cukup maka akan mempengaruhi memori Anda. Dengan tidur seseorang akan memiliki memori jangka panjang sehingga tidak mudah lupa," katanya.

3. Tidur Bisa Panjang Umur

Pola tidur yang buruk dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan yang berpotensi mengancam jiwa. Beberapa penyakit tersebut yaitu stroke, serangan jantung dan kanker. "Kurang tidur juga memicu risiko mati muda, mulailah mengubah pola tidur Anda, selama enam atau delapan jam dalam semalam," ujar Avidan.

Avidan mengatakan cobalah membuat resolusi tidur tahun ini, "katakan aku akan tidur atau aku akan mati," katanya dengan tegas. Semua resolusi karir, kesehatan dan keuangan akan tercapai ketika seseorang menjaga pola tidurnya.(Mia/)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca Juga :

5 Alasan Tidur Pengaruhi Berat Badan Anda
Yuk Buat Resolusi Hubungan Asmara di 2014
Target 2014: Rawat Kulit Sehat Agar Tetap Cantik


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.