Sukses

Makan Cranberry Bisa Bikin Panjang Umur

Buah antioksidan bisa memperpanjang umur. Inilah yang diuji terhadap lalat buat yang diberi makan gula serta ekstrak cranberry.

Buah antioksidan bisa memperpanjang umur. Inilah yang diuji terhadap lalat buat yang diberi makan gula serta ekstrak cranberry.

Para ilmuwan belum mempelajari efeknya pada manusia, tapi kemungkinan akan sama. Menurut peneliti, sifat antioksidan di buah yang memperpanjang kehidupan.

Penelitian ini diterbitkan dalam Experimental Gerontology edisi Februari 2014 seperti dikutip Dailynews, Selasa (31/12/2013). Namun, penelitian tersebut bukan dilakukan pada manusia.

Tim dari National Institute on Aging di Baltimore memberikan lalat buah suplemen gula yang mengandung dua persen ekstrak cranberry selama tiga tahap biologi di kehidupannya, yakni dewasa muda, pertengahan, dan usia tua.

Hasilnya, yang makan ekstrak cranberry 25 persen lebih lama dibanding lalat pada kelompok kontrol yang hanya makan gula. Lalat yang mengonsumsi ekstrak cranberry pada usia pertengahan dan tua jangka hidupnya meningkat sebesar 30 persen.

Analisis yang lebih dalam menemukan bahwa makan cranberry, yang kaya akan fitokimia, mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh stres lingkungan.

(Mel)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.