Sukses

Wanita Lebih Kebal dari Flu Ketimbang Pria

Wanita mungkin dipandang kaum yang lemah ketimbang pria. Namun, soal kekebalan tubuh wanita lebih hebat dibanding pria.

Wanita mungkin dipandang kaum yang lemah ketimbang pria. Namun, soal kekebalan tubuh wanita lebih hebat dibanding pria.

Sebuah penelitian mengungkapkan, wanita memiliki respons imun yang lebih kuat ketimbang pria saat diberikan suntikan vaksin flu. "Sekarang kami memiliki literatur yang menyebutkan wanita memiliki respons yang lebih baik pada penyakit menular yang umum terjadi, termasuk flu," kata Profesor Mikrobiologi dan Imunologi Stanford School of Medicine, Mark Davis, seperti dikutip health.india, Jumat (27/12/2013).

Menurutnya, wanita yang divaksinasi lebih terlindungi dari tertular flu dibanding pria yang divaksinasi. Untuk mencapai kesimpulan tersebut, peneliti memeriksa respons inflamasi dari 53 perempuan dan 34 pria usai divaksin flu.

Peneliti menemukan, pria memiliki respons yang lebih lemah daripada wanita setelah menerima vaksinasi, dan respons itu lebih lemah di antara pria yang memiliki kadar testosteron tertinggi. Peneliti mencatat, kadar testosteron tinggi menekan peradangan.

"Ada juga kemungkinan komponen genetik untuk respons flu. Kami menemukan, vaksin flu mengaktifkan gen tertentu, dan aktivasi ini diprediksi memiliki respons vaksinasi terlemah," tambah peneliti.

Peneliti juga ingin mengetahui mengapa wanita lebih kebal dari penyakit tertentu dan mengapa selama kehamilan penyakit itu bisa mudah tertular. Penelitian tersebut diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

(Mel)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca Juga:

Pria Meninggal Lebih Cepat dari Perempuan, Ini Sebabnya


Wanita Harus Lebih Banyak Tidur Ketimbang Pria

11 Fakta Lucu Tentang Wanita dan Pria yang Luput Perhatian

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini