Sukses

Kimi, si Gadis dengan 15 Kepribadian Berbeda

Kimi Sands, wanita mengalami gangguan kepribadian sehingga memiliki 15 kepribadian yang berbeda.

Kimi Sands, wanita dari Cardiff, Wales, menderita kondisi yang sangat aneh, yakni Dissociative Identity Disorder (DID) atau lebih dikenal dengan gangguan kepribadian ganda. Karena kondisinya tersebut, wanita berusia 23 tahun itu memiliki 15 kepribadian yang berbeda dan ia bisa mengontrolnya setiap saat.

Dalam film, orang yang menderita DID sering digambarkan sebagai penjahat berbahaya atau pembunuh berantai. Namun, tidak dengan Kimi. Tak satupun kepribadiannya yang membuatnya melakukan hal yang mengerikan. Hal terburuk yang pernah Kimi dan kekasihnya Chris Lee (24) harus lakukan adalah membelikan 15 hadiah Natal untuk 15 kepribadian, sehingga terasa lebih mahal.

"Termasuk untuk diri saya, jadi ada 16 individu yang mendapatkan hadiah," kata Kimi seperti dikutip dari OddityCentral, Kamis (26/12/2013).

Hadiah tersebut bermacam-macam, lanjut Kimi, seperti alkohol untuk kepribadian yang lebih tua dan boneka untuk anak-anak.

Untuk setiap kepribadian memiliki kelompok usia yang berbeda. Di antaranya adalah Chef Satou dari Jepang 22 tahun, Fiono 17 tahun), kembar Jack dan Safyer yang berusia 4 tahun. Ada juga seorang pria Yorkshire Ashy berusia 23 tahun, dan Theodore (25) yang senang biseksual  

"Kami pasangan, tapi di waktu yang sama, kami memiliki keluarga internal. Anda harus memberi hadiah untuk orang lain. Anak-anak ingin ke toko mainan dan ingin beli segalanya," kata Chris.

Chris sering merasa lucu dengan pengalamannya, seperti ketika sedang mengantre beli My Little Pony. Orang sering keliru menganggap ia membelinya untuk anak-anaknya, padahal itu untuk salah satu kepribadian Kimi.

"Memberikan hadiah untuk semua orang adalah sangat menyenangkan. Anak-anak senang dan Kim segera muncul," katanya lagi.

Chris mengatakan, ia bisa menghabiskan keluar di malam hari seperti membawa anak-anak ke kebun binatang serta menikmati malam romantis dengan Kimi.

Keduanya punya kesepakatan yang ketat untuk tak terlibat keintiman yang romantis antara Chris dengan kepribadian yang lainnya.

Baru Ketahuan Usia 20 Tahun

Beberapa kepribadian Kimi ini berkembang ketika ia berusia 3 tahun, namun ia baru terdiagnosa mengalami DID saat berusia 20 tahun.

"Saya harus menyetok di lemari saya pakaian berbeda untuk setiap orang. Anak-anak akan marah jika mereka harus memakai gaun. Saya juga harus memastikan selalu ada makanan vegan di lemari es untuk Fiona. Ini membuat rumit memastikan diet setiap orang terpenuhi," kata Kimi.

Kimi terus berusaha tetap optimis dengan kondisinya. Ia tak akan membiarkan kondisinya itu mengambil alih sepenuh kehidupannya.

"Ini gangguan yang menyakitkan, tapi ada begitu kesenangan memiliki DID," katanya.

Kimi sebenarnya seorang seniman paruh waktu yang mendedikasikan sebagian besar waktunya untuk memberikan pengetahun tentang gangguan tersebut. Dia memasang di Youtube berbagai kepribadiannya untuk menunjukkan ke semua orang bahwa DID tak selalu membuat orang menjadi pembunuh.

(Mel)


*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.