Sukses

Tubuh Banjir Keringat Tanda Banyak Kalori Terbakar?

Usai berolahraga keringat kerap mengucur. Bahkan beberapa orang ada yang banjir keringat. Apakah ini tanda banyak kalori yang terbakar?

Usai berolahraga keringat kerap mengucur. Bahkan beberapa orang ada yang banjir keringat. Apakah ini tanda banyak kalori yang terbakar?

Penasihat Pendidikan untuk National Academy of Sports Medicine Jenny Scott , GM - HR , NASM - CPT , CES , PES , FNS, mengatakan, keringat ternyata bukan ukuran kalori terbakar.

"Tubuh kita memproduksi keringat sebagai cara mendinginkan, jadi ini merupakan indikator bagaimana panas tubuh Anda. Dan semakin panas suhu tubuh inti Anda tak sama dengan banyaknya kalori yang terbakar," kata Scott seperti dikutip dari WomensHealthMag, Senin (23/12/2013).

Faktanya, lanjut Scott, semakin bugar Anda, maka semakin sedikit kemungkinan Anda berkeringat.

"Seperti tubuh Anda lebih terkondisi, latihan yang lebih intens meningkatkan suhu tubuh inti Anda dan menghasilkan keringat. Namun, jika Anda sudah berkeringat setelah 10 menit latihan, bukan berarti Anda tidak fit. Orang memiliki jumlah kelenjar keringat yang berbeda. Di sisi lain, jika Anda bekerja keras dan tidak berkeringat, Anda mungkin super-fit, kelenjar keringat Anda minimal atau dehidrasi. Setelah semuanya, keringat tergantung dari cadangan air yang Anda miliki".

Untuk memastikan Anda tak kekurangan, Scott merekomendasikan menenggak 24 ons air sebelum pemanasan, dan delapan lagi setiap 30 menit selama Anda berkeringat. Perlu diingat, jika Anda merasa haus, Anda mungkin sudah dehidrasi.

(Mel/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.