Sukses

Resep Rambut Cantik dari Nenek Usia 131 Tahun

Meskipun terdengar seperti mitos bagi anak muda sekarang, tapi merang atau tangkai padi ini benar-benar digunakan zaman dulu. Ini caranya

Sejak zaman dahulu, merang sudah dikenal sebagai bahan penghitam rambut yang dipakai oleh putra-putri keraton di Jawa sejak lama. Selain itu menghitamkan rambut dengan dengan merang padi memiliki manfaat menyehatkan rambut, menghaluskan rambut dan bebas dari ketombe.

Meskipun terdengar seperti mitos bagi anak muda sekarang, tapi merang atau tangkai padi ini benar-benar digunakan zaman dulu. Hal ini bahkan dikatakan langsung oleh adik dari Aan iroh (wanita yang mengaku 131 tahun) bernama Idah yang kini berusia 91 tahun.

Idah mengatakan, zaman dahulu belum ada shampo yang bermacam jenis dan wangi. Karena semua wanita menggunakan merang untuk membersihkan rambutnya.

"Cara mencuci rambutnya dengan menggunakan seikat merang padi yang sudah kering kemudian dibakar di panci sampai semua merang padi menjadi abu. Setelah semua menjadi abu, tambahkan air bersih sedikit dam masak dalam panci lalu diaduk hingga rata," kata Idah yang ditemui Liputan6.com di Bandung, Jawa Barat, Jumat (13/12/2013).

Setelah kira-kira tercampur, biasanya abu merang didiamkan satu malam. Hingga esoknya baru bisa air dan abunya digunakan untuk keramas. Idah mengatakan, merang tidak akan membuat rambut bau. Bahkan jika Anda rajin keramas menggunakan bahan tersebut, rambut akan  sehat dan hitam alami.

Baca juga:

Aan Iroh, Wanita Tua di Bandung yang Mengaku Berumur 131 Tahun

Kisah Aan Iroh


(Fit/Abd)





* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini