Sukses

Tisu Seperti Apa yang Cocok untuk Toilet?

Toilet-toilet di pusat perbelanjaan atau perkantoran biasanya dilengkapi dengan tisu. Namun apakah tisu toilet yang disediakan sudah benar?

Toilet-toilet di pusat perbelanjaan atau perkantoran biasanya dilengkapi dengan tisu. Namun apakah tisu toilet yang disediakan sudah benar?

Menurut Ketua Umum Asosiasi Toilet Indonesia, Naning Adiwoao, tisu yang digunakan harus diperhatikan. Ada kriteria tertentu yang harus dipenuhi sebuah tisu untuk pantas digunakan.

"Tisu toilet yang baik adalah yang larut dalam air. Untuk mengeceknya bisa dengan cara memasukkan ke dalam air dan ditunggu beberapa menit. Jika tisu tersebut larut, menjadi seperti bubur kertas, maka itu adalah tisu toilet yang baik untuk digunakan. Namun jika menggumpal, menjadi padat maka sebaiknya tidak digunakan," kata Naning saat ditemui dalam acara Gerakan Toilet Higienis Domestos di Mango Tree Bistro, Epiwalk, Jakarta, ditulis Minggu (8/12/2013).

Naning menambahkan tisu ada beberapa macam, misalnya tisu pembersih muka yang memang tidak akan larut karena memang digunakan untuk membersihkan kotoran atau debu yang menempel di muka. Begitu juga tisu makan yang diperuntukan membersihkan sisa makanan.

"Gunakan tisu sesuai dengan fungsinya, karena tisu itu kan ada beberapa macam. Jangan sampai salah agar berfungsi tepat," kata Naning.

Naning juga berpesan bagi mereka yang pergi ke hutan dan terpaksa buang air sebaiknya menggunakan tisu anti bakteri yang saat ini sudah banyak dijual untuk membersihkannya. (Mia/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.