Biar Ibu Hamil Nggak Stres, Coba Yoga Prenatal

Oleh Melly Febrida pada 05 Des 2013, 09:00 WIB
Diperbarui 05 Des 2013, 09:00 WIB
yoga-hamil-131204b.jpg
Perbesar
Hamil bukan menjadi alasan wanita berhenti berolahraga. Dengan terjadinya perubahan di tubuh wanita hamil, yoga bisa menjaga pikiran dan tubuh Anda tetap santai serta damai.

Pakar Kesehatan dan Fitness Kehamilan Namita Jain dama bukunya Fit Pregnancy menjelaskan pentingnya yoga prenatal dengan tujuh pose buat ibu hamil.

Seperti dikutip Health.India, Kamis (5/12/2013), yoga sebenarnya melatih fokus dengan keseimbangan pikiran dan tubuh. Yoga menggabungkan asana, pranayam, dan teknik relaksasi untuk mencapai keseimbangan tersebut.

Yoga menjadi sangat populer karena pendekatan holistik yang menyeimbangkan dan memperkuat tubuh, pikiran, dan jiwa. Ini bisa sangat bermanfaat buat ibu hamil karena melatih peregangan, pernapasan dan rileks, yang pada gilirannya membantu wanita menyesuaikan diri dengan tuntutan fisik kehamilan, persalinan, dan kelahiran.

Yoga menenangkan pikiran dan tubuh, menghilangkan stres yang terjadi selama kehamilan Anda. Bila yoga dilakukan teratur, bisa meningkatkan kesehatan fisik, mental, kesejahteraan emosional. Selain itu meningkatkan sirkulasi darah, otot, dan fleksibilitas.

Kapan ibu hamil bisa ikut yoga? Jika Anda berencana memulai yoga sebagai latihan selama kehamilan, waktu yang ideal adalah trimester kedua. Jika Anda ingin memulainya di trimester pertama, periksakan diri Anda ke dokter Anda dan instruktur yoga sebelum memulai yoga.

Yoga bisa dilakukan seminggu sekali atau setiap hari. Durasi berkisar dari 5 sampai 60 menit per sesinya.

(Mel/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya