Tips Yoga Buat Pemula ala Cut Mini

Oleh Kusmiyati pada 01 Des 2013, 09:00 WIB
Diperbarui 01 Des 2013, 09:00 WIB
cut-mini-131130b.jpg
Perbesar
Yoga saat ini seperti sudah menjadi gaya hidup masyarakat di Jakarta. Padatnya aktivitas dan kemacetan membuat banyak orang sering menjadi stres dan memilih yoga sebagai cara mengatasi stres tersebut. Namun banyak juga yang takut saat ingin memulai yoga.

"Banyak juga yang takut mulai yoga, takut tidak bisa lakukan gerakan, tidak bisa konsentrasi. Ya, banyak alasannya. Padahal yoga bermanfaat, tidak hanya untuk kesehatan fisik tetapi juga mental dan spiritual," kata Pakar Yoga, Arif Sentosa.

Hal ini juga pernah dialami artis cantik Cut Mini, dirinya mengaku takut waktu pertama mulai melakukan yoga. Tapi hal tersebut dapat diatasinya dengan baik.

Cut Mini pun berbagi tips untuk para pemula yang ingin melakukan yoga. "Awalnya memang takut dan itu wajar tapi jangan terus-terusan harus dilawan dan diatasi rasa takut itu," kata wanita yang dipanggil Mincrut oleh teman-temannya.

Berikut tips dari Cut Mini:

1. Hindari kata tidak bisa sebelum mencoba

"Jangan dulu bilang tidak bisa, kalau dibpikirannya tidak bisa ya pasti badan otomatis jadi kaku dan ya benar tidak bisa melakukannya. Harus dibawa santai biar pun takut pede aja kalau kita bisa dan jago," kata artis yang menjadi lawan main Surya Saputra di fim `Arisan` ini,  ditulis Minggu (1/12/2013).

2. Pilih guru juga harus tepat agar ada rasa nyaman dan menikmati

"Kalau sudah ketemu guru yang bikin kita nyaman maka melakukan gerakan apapun akan lancar. Intinya nyaman dulu," katanya.

Hal serupa juga dikatakan Arif, untuk para pemula sebaiknya jangan takut sebelum mencoba. "Coba dulu jangan langsung bilang tidak bisa. Kalau sudah mencoba, bisa jadi jatuh cinta. Kalau awalnya jarem-jarem ya itu bisa cepat hilang dua atau tiga hari tapi manfaat yoga itu banyak untuk tubuh dan pikiran," kata pria yang mengisi kelas Vinyasa Yoga di PermataBank Namaste Festival 2013 di Hotel Sultan.

(Mia/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya