Yoga Semata Tak Bisa Langsingkan Tubuh, Lho!

Oleh Kusmiyati pada 29 Nov 2013, 20:30 WIB
Diperbarui 29 Nov 2013, 20:30 WIB
yoga-131129-c.jpg
Perbesar
Kebanyakan masyarakat berpikir yoga merupakan latihan yang dapat menurunkan bobot tubuh. Lalu apa benar yoga semata hanya bertujuan membentuk dan melangsingkan tubuh?

Menurut Pakar Yoga Arif Sentosa, yoga memang benar menurunkan berat badan tetapi tetap harus diikuti langkah lainnya. "Semua latihan memang membuang banyak kalori tidak hanya yoga. Iya yoga memang bikin kurus, tapi intinya yang paling penting itu jaga mulut (jaga pola makan). Percuma kalau yoga yang habiskan 300 -400 kalori tapi makannya 700 kalori," kata Arif.

Hal serupa dikatakan Anjasmara, artis sinetron yang kini menjadi pelatih yoga ini, mengatakan bahwa yoga dapat membuat seseorang kurus tetapi ada syaratnya.

"Bisa kurus dengan yoga, ikut latihan yang memang banyak menguras kalori dan tetap menjaga pola makan," kata Anjasmara saat ditemui di PermataBank Namaste Festival 2013, Jumat (29/11/2013).

Menurut Arif dan Anjas, manfaat yoga tidak hanya untuk kurus tetapi lebih menenangkan emosi dan pikiran serta melatih tubuh menjadi lebih fleksibel. "Salah kalau orang berpikir yoga itu harus orang yang fleksibel, justru badan yang belum fleksibel yang bagus untuk yoga melatih kelenturannya. Selain itu pikiran menjadi tenang," kata Arif.

Anjas menambahkan yoga memiliki banyak manfaat untuk menyeimbangkan badan dengan pikiran dan emosi yang positif.

"Dengan yoga pikiran dan emosi semakin positig, bermanfaat sekali untuk kesehatan. Yang belum coba harus dicoba dulu. Latihan, latihan dan berani mencoba menjadi intinya," kata Anjas.

(Mia/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya