Sukses

Cara Remaja Berkompromi dengan Jerawat di Masa Menstruasi

Kehadiran jerawat tentu mengganggu penampilan. Namun, jerawat bisa semakin memburuk ketika masa menstruasi. Ini tipsnya.

Kehadiran jerawat tentu mengganggu penampilan. Namun, jerawat bisa semakin memburuk ketika masa menstruasi. Dengan kondisi tersebut, gadis remaja bisa minder dan malu ketika keluar bertemu teman-temannya.

Jerawat terjadi ketika kelenjar sebaceous di kulit yang membuat minyak sebum, mulai memproduksi lebih banyak minyak. Ini merupakan hasil dari perubahan hormon saat pubertas.

"Jerawat juga dipengaruhi oleh siklus menstruasinya," tulis IrishExaminer, Minggu (24/11/2013).

Bagi kebanyakan orang, jerawat bisa ringan. Namun, terkadang bisa parah dan memerlukan pengobatan agar tak berbekas. Sayangnya, bagi remaja meski itu jerawat ringan bisa sangat sensitif. Untungnya, ada berbagai macam perawatan untuk mengontrol jerawat.

Situs Irish Examiner,berbagi tips buat remaja agar tak menderita jerawat yang parah saat menstruasi.

1. Mencuci wajah dua kali sehari dengan sabun ringan (bukan facial scrub) dan air suam-suam kuku.

2. Hindari memencet dan meremas di daerah berjerawat karena ini bisa membuatnya lebih meradang dan menimbulkan bekas luka.

3. Hindari krim berbasis minyak di wajah (termasuk makeup) karena ini bisa menyumbat pori-pori.

4. Jika memiliki rambut panjang atau poni, sering-seringlah berkeramas untuk mencegah berminyak dan jauhi dari wajahnya.

5. Gunakan salep yang mengandung benzoil peroksida yang tersedia di apotek. Ini efektif untuk jerawat ringan. Tapi, bahan tersebut bisa mengiritasi kulit. Jika terjadi, berhenti menggunakannya sampai kulit tak iritasi, kemudian gunakan dalam waktu singkat sebelum mencucinya.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.