Sukses

Segera Selesaikan Masalah di Masa Lalu! Kalau Tidak, Bahaya!

Stres dan rasa tidak nyaman membuar rasa sakit akan muncul, seseorang menjadi sakit bukan karena ingat kejadian dulu tetapi karena stres.

Pengalaman masa lalu ternyata dapat memengaruhi kesehatan lho, terlebih jika peristiwa tersebut sifatnya traumatik. Pengalaman tersebut bisa menimbulkan emosi destruktif seperti marah, kecewa, bersalah, malu, sedih, ditolak dan takut.

Menurut Ketua Asosiasi Hipnoterapi Klinis Indonesia (AHKI), DR. Adi W. Gunawan CCH emosi yang berasal dari kejadian masa lalu yang belum terselesaikan akan terus mengganggu seseorang dan mengakibatkan rasa tidak nyaman dan stres.

"Stres dan rasa tidak nyaman tersebut yang membuat rasa sakit akan muncul. Seseorang menjadi sakit bukan karena ingat kejadian dulu tetapi karena stres yang berkepanjangan akibat api emosi yang negatif di pikiran bawah sadar," kata Adi, ditulis Minggu (17/11/2013).

Perasaan bersalah di kejadian masa lalu juga dapat memengaruhi kesehatan sekarang atau nanti. "Salah satu klien saya ada yang mengalami gangguan seksual setelah dihipnoterapi ditemukan akar masalah. Hal tersebut merupakan hukuman dari pikiran bawah sadarnya karena pada masa lalu pernah selingkuh," ungkapnya.

Menurut Adi, pikiran bawah sadar memiliki kemampuan berpikir terpisah dari pikiran sadar, sangat cerdas, sangat sadar dan memberikan respons dengan jujur.

"Setelah ditemukan akar masalah tersebut gangguan emosi dan pikiran bersalah itu dihilangkan," kata Adi menjelaskan.

(Mia/Abd/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.