Sukses

Menikah Bukan Beli `Kucing dalam Karung`, Kenali Dulu Pasangan

Mengenal pasangan sebelum menikah itu perlu. Jangan sampai Anda memilih suami layaknya membeli kucing dalam karung.

Mengenal pasangan sebelum menikah itu perlu. Jangan sampai Anda memilih suami layaknya membeli kucing dalam karung.

Psikolog Klinis Universitas Sanata Dharma Heri Widodo, MPsi., menjelaskan, ada beberapa tahapan yang sebenarnya perlu pasangan lalui sebelum memutuskan menikah saat dihubungi Liputan6.com dan ditulis Kamis (14/11/2013).

1. Masa pengenalan

Masa yang disebut pengenalan (atau pendekatan, pacaran, dan tunangan) merupakan masa pengenalan antar pasangan itu sendiri.

"Hal ini tidak mudah karena selain keinginan menampakkan hanya yang baik pada calon pasangannya juga karena saat orang jatuh cinta di masa pengenalan tersebut, biasanya sulit melihat sisi buruk pasangannya," kata Heri.

2. Informasi dari lingkungan

"Informasi dari lingkungan sosial mengenai seluk beluk pasangan yang hendak diajak menikah pun merupakan hal penting untuk diketahui sebelumnya. Ini karena kita dapat melihat kepribadian seseorang dari bagaimana lingkungannya," ujarnya.

3. Kenali lingkungan

"Pengenalan terhadap lingkungan yang membesarkan dan melingkupi calon pasangan kita perlu dilakukan. Misalnya pengenalan terhadap keluarga, lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaannya," katanya.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini